PERBAIKAN POSTUR KERJA DENGAN PERANCANGAN ALAT KERJA MENGGUNAKAN PENDEKATAN ERGONOMI UNTUK MENINGKATKAN KENYAMANAN PEKERJA (Studi kasus di UMKM New Mina Makmur, Bantul)

Argawastu, Faisal Ghani (2019) PERBAIKAN POSTUR KERJA DENGAN PERANCANGAN ALAT KERJA MENGGUNAKAN PENDEKATAN ERGONOMI UNTUK MENINGKATKAN KENYAMANAN PEKERJA (Studi kasus di UMKM New Mina Makmur, Bantul). Other thesis, UPN Veteran Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
3. COVER.pdf

Download (485kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (711kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (11kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. DAFTAR ISI.pdf

Download (212kB) | Preview

Abstract

UMKM New Mina Makmur adalah UMKM yang bergerak pada bidang perikanan yaitu pengepul dan pembesaran bibit ikan lele. UMKM New Mina Makmur setiap harinya mendapatkan permintaan 500kg/hari s.d 600kg/hari dan ketika sedang banyak mendapatkan permintaan dapat menerima hingga 800kg/hari. Penyortiran ikan lele dilakukan manual dengan cara duduk di kursi kecil dan membungkuk selama proses penyortiran selama 5jam/hari yaitu dari pukul 08.00-12.00 WIB. Penyortiran tersebut menyebabkan kelelahan dan keluhan para pekerja dikarenakan postur kerja saat penyortiran sehingga mengakibatkan cidera leher, pinggang ataupun punggung yang dihasilkan dari postur kerja tersebut sehingga berpengaruh pada fokus perkerja dan berakibat pada kesalahan ukuran lele yang disortir. Pembahasan pada penelitian ini tentang perbaikan postur kerja dengan perancangan alat menggunakan metode VDI 2221 berdasarkan antropometri yang digunakan sebagai acuan dalam pembuatan sarana/fasilitas alat bantu kerja. Penyelesaian masalah perbaikan postur kerja menggunakan metode rapid upper limb assessment (RULA). Metode RULA digunakan untuk mengukur dan memberikan penilaian terhadap postur tubuh pekerja dalam suatu kegiatan kerja. Selanjutnya dilakukan perhitungan produktivitas setelah implementasi perbaikan. Hasil dari penelitian perbaikan postur kerja telah menurunkan level resiko dari level 4 (tertinggi) menjadi level 2 (kecil). Dari hasil perhitungan produktivitas juga menghasilkan penurunan waktu kerja dari sebelunya 18.46 detik/kg menjadi 9.06 detik/kg dan menghasilkan peningkatan output standar dari 195kg/jam menjadi 397kg/jam. Usulan yang diberikan Penelitian ini dapat dikembangkan lebih lanjut pada fase-fase ataupun tahapan pengembangan produk secara lebih lengkap dan menyeluruh agar didapatkan suatu kondisi kerja serta rancangan produk yang lebih baik lagi. Kata Kunci: Antropometri, RULA, perancangan produk, produktivitas.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HV Social pathology. Social and public welfare
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: S.IP NURUL ALIFAH RAHMAWATI
Date Deposited: 15 Jul 2019 06:28
Last Modified: 15 Jul 2019 06:28
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/20380

Actions (login required)

View Item View Item