PENENTUAN NILAI KOMPENSASI KECELAKAAN KERJA DENGAN MENGGUNAKAN ANALISIS MANAJEMEN RESIKO DAN METODE SMARTER (STUDI KASUS DI PEMADAM KEBAKARAN)

Lalusu, Magfira Sabrinna (2019) PENENTUAN NILAI KOMPENSASI KECELAKAAN KERJA DENGAN MENGGUNAKAN ANALISIS MANAJEMEN RESIKO DAN METODE SMARTER (STUDI KASUS DI PEMADAM KEBAKARAN). Other thesis, UPN Veteran Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (426kB) | Preview
[img]
Preview
Text
HALAMAN PENGESAHAN PEMBIMBING.pdf

Download (347kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (179kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (276kB) | Preview

Abstract

Kebakaran merupakan suatu ancaman bagi masyarakat yang dapat terjadi kapanpun dan dimanapun. Pembangunan gedung-gedung dan perumahan yang semakin pesat, jumlah masyarakat di Yogyakarta yang meningkat tiap tahunnya makin memperbesar resiko terjadinya kebakaran. Ketika kebakaran terjadi, bantuan yang pertama kali merespon adalah petugas pemadam kebakaran. Pekerjaan menjadi seorang pemadam kebakaran mempunyai resiko kecelakaan mulai dari yang ringan sampai mengakibatkan kematian. Dengan tingkat kecelakaan seperti ini, wajar apabila petugas pemadam kebakaran mendapatkan nilai kompensasi yang sesuai dengan tingkat resiko yang mereka hadapi. Penentuan nilai kompensasi pegawai pemadam kebakaran bisa dilakukan dengan cara yang lebih objektif dan tersistem. Menggunakan analisis manajemen resiko untuk mengelompokkan resiko yang mungkin akan terjadi yaitu resiko fisik, kimawi, biologis, mekanis dan listrik. Hasil analisis resiko kemudian dihitung dengan metode Simple Multi Attribute Rating Technique Exploitting Rank (SMARTER) dan pembobotan menggunakan rumus Rank Order Centroid (ROC). Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, penentuan nilai kompensasi menggunakan analisis manajemen resiko dan metode SMARTER memiliki hasil yang adil dan objektif. Hasil analisis resiko sebagai kriteria kemudian dibobotkan menggunakan rumus ROC dan dihitung kembali menggunakan rumus akhir SMARTER. Hasil yang diperoleh merupakan nilai rupiah yang akan diberikan kepada pegawai pemadam kebakaran. Katakunci : manajemen resiko, pemadam kebakaran, smarter, roc

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: S.IP NURUL ALIFAH RAHMAWATI
Date Deposited: 15 Jul 2019 04:57
Last Modified: 15 Jul 2019 04:57
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/20374

Actions (login required)

View Item View Item