PEREMPUAN DAN KEMISKINAN (Analisis Wacana Model Halliday mengenai Perjuangan Perempuan dalam Film Siti Karya Eddie Cahyono)

Ramadhanty, Jesica (2019) PEREMPUAN DAN KEMISKINAN (Analisis Wacana Model Halliday mengenai Perjuangan Perempuan dalam Film Siti Karya Eddie Cahyono). Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK[1].pdf

Download (148kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Cover%20Skripsi[1].pdf

Download (222kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR%20ISI[1].pdf

Download (157kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lembar%20Pengesahan[1].pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Film merupakan media komunikasi massa yang dapat menampilkan realitas. Hal ini tercerminkan dalam Film Siti karya Eddie Cahyono. Film ini menampilkan kemiskinan pada perempuan dan merupakan salah satu masalah yang ada di Indonesia. Siti menggambarkan kehidupan perempuan yang secara terpaksa bekerja sebagai ladies companion akibat keadaannya ditambah dengan harus melunasi hutang suami. Namun, ia juga mengalami kebungkaman karena pekerjaannya tersebut. Dirinya merupakan representasi sosok perempuan kuat yang berjuang dalam menghadapi masalah yang dihadapinya dan menghidupi kebutuhan keluarganya. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah bagaimana wacana tentang perjuangan perempuan yang ditampilkan dalam film Siti karya Eddie Cahyono. Teori yang digunakan yaitu teori kelompok bungkam oleh Chris Kramarae. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan metode analisis wacana model M.A.K Halliday yang menekankan trilogi konteks situasi berupa pelibat wacana, mode wacana dan modus wacana. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menganalisis Teks, dokumentasi dan wawancara. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui wacana perjuangan perempuan ditinjau dari pesan yang disampaikan dalam film Siti dan juga realitas sosial yang ditampilkan dalam film tersebut. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemiskinan tidak hanya secara ekonomi melainkan secara kekuasaan juga. Artinya ketika pria dalam keadaan lemah tidak berdaya mampu memberikan kontrol kepada wanita dan mempengaruhi wanita dalam berkomunikasi. Hal ini menyebabkan ketidakberdayaan dan kebungkaman pada perempuan. Meski begitu, wanita tetap berusaha dalam menghidupi keluarganya dan juga mengekspresikan dirinya. Usaha-usaha inilah yang disebut perjuangan perempuan. Selain itu, usahausaha ini yang membuat perempuan sebagai sosok yang kuat, tegar, cerdik dan pantang menyerah dalam menghadapi kehidupannya. Kata Kunci : Film, Kemiskinan, Perempuan, Perjuangan Perempuan

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Eny Suparny
Date Deposited: 12 Jul 2019 04:41
Last Modified: 12 Jul 2019 04:41
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/20307

Actions (login required)

View Item View Item