PENGENDALIAN PERSEDIAAN BARANG JADI MENGGUNAKAN METODE EPQ MULTI ITEM PADA UKM TULAKIR FIBERGLASS (Studi Kasus di UKM Tulakir Fiberglass, Prambanan)

Wulandari, Eka (2019) PENGENDALIAN PERSEDIAAN BARANG JADI MENGGUNAKAN METODE EPQ MULTI ITEM PADA UKM TULAKIR FIBERGLASS (Studi Kasus di UKM Tulakir Fiberglass, Prambanan). Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
2. ABSTRAK_Eka Wulandari.pdf

Download (31kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. COVER_Eka Wulandari.pdf

Download (113kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. Lembar Pengesahan_Eka Wulandari.pdf

Download (737kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. Daftar Isi_Eka Wulandari.pdf

Download (20kB) | Preview

Abstract

Sebuah usaha akan mencapai tujuannya jika dalam kegiatannya memiliki pengendalian dan perencanaan persediaan yang baik sebagai dasar dalam beroperasi. Pengendalian persediaan menjadi hal penting bagi berjalannya suatu usaha tak terkecuali di UKM Tulakir Fiberglass. Belum adanya pengendaliaan persediaan yang baik menyebabkan penumpukkan barang jadi di gudang sehingga perusahaan harus mengeluarkan biaya yang besar untuk persediaan. Penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui berapa jumlah produk optimal yang harus diproduksi dan total biaya minimum persediaan. Metode yang digunakan untuk menyelesaikan masalah persediaan yang dihadapi dalam penelitian ini adalah Economic Production Quantity (EPQ) multi item. Hal tersebut dikarenakan UKM Tulakir Fiberglass memproduksi beberapa jenis produk dengan menggunakan peralatan yang sama secara bergantian. Penelitian ini akan dilakukan pengendalian produk jadi dengan menentukan jumlah produk yang harus diproduksi dan total biaya minimum persediaan. Penyelesaian masalah dengan menggunakan metode EPQ dapat mengetahui berapa jumlah produk optimal yang harus diproduksi serta total biaya minimum produksi. Jumlah produksi pada masing-masing produk yaitu stupa sebanyak 1577 unit, budha sebanyak 3132 unit, miniatur sebanyak 3511 unit, gading sebanyak 476 unit, patung 353 unit, ganesha sebanyak 1176 unit, tengkorak sebanyak 3780 unit, candi sebanyak 4496 unit, asbak sebanyak 9013 unit, gantungan kunci sebanyak 2731 unit, kristal 1225 unit, dan hewan sebanyak 1126 unit. Total biaya minimum untuk keseluruhan produk adalah sebesar Rp 1.167.382.000,00. Kata kunci : persediaan, EPQ, multi item

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Eny Suparny
Date Deposited: 12 Jul 2019 04:35
Last Modified: 12 Jul 2019 04:35
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/20306

Actions (login required)

View Item View Item