PENENTUAN JUMLAH PRODUKSI OPTIMAL DENGAN MEMPERTIMBANGKAN MASA KEDALUWARSA UNTUK MEMINIMASI BIAYA PERSEDIAAN (Studi kasus di UMKM Yammie Shitake, Yogyakarta

Timbayo, Olivia Oktariska (2019) PENENTUAN JUMLAH PRODUKSI OPTIMAL DENGAN MEMPERTIMBANGKAN MASA KEDALUWARSA UNTUK MEMINIMASI BIAYA PERSEDIAAN (Studi kasus di UMKM Yammie Shitake, Yogyakarta. Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
2. Abstrak Tugas Akhir_Olivia Oktariska Timbayo.pdf

Download (13kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. Cover Tugas Akhir_Olivia Oktariska Timbayo.pdf

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. Lembar Pengesahan_Olivia Oktariska Timbayo.pdf

Download (663kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. Daftar Isi Tugas Akhir_Olivia Oktariska Timbayo.pdf

Download (38kB) | Preview

Abstract

Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) Yammie Shitake merupakan suatu industri yang memproduksi mie ayam. Hasil produksi mie ayam memerlukan pengendalian persediaan, karena hasil produksi memiliki masa kedaluwarsa atau deteriorated item. Jangka waktu produk sampai kedaluwarsa adalah selama tiga hari. Mie akan dibuang jika sudah memasuki masa kedaluwarsa sehingga dapat menyebabkan kerugian bagi industri ini.Hal ini menjadi alasan untuk mengembangkan metode pengendalian persediaan UMKM Yammie Shitake dalam penentuan jumlah persediaan dengan total biaya minimal. Metode yang digunakan dalam penyelesaian masalah persediaan dalam penelitian ini adalah Pendekatan Economic Production Quantity (EPQ) dengan kendala adanya waktu kedaluwarsa dengan acuan pada Model EPQ milik Soraya (2014) dan Saha (2018). Penyelesaiaan masalah dengan pendekatan ini disesuaikan dengan data-data UMKM Yammie Shitake pada bulan Juli, Agustus, September 2018, dan beberapa asumsi. Hasil dari penelitian terlihat bahwa usulan dari jumlah persediaan setelah melakukan perhitungan didapatkan penghematan total biaya persediaan sebesar Rp. 713.122,221. Dengan demikian, terlihat bahwa metode usulan pengendalian persediaan ini dapat menjadi pertimbangan UMKM Yammie Shitake dalam menentukan jumlah persediaan. Penelitian ini dapat dikembangkan lebih lanjut dengan lebih memfokuskan pada ketersediaan bahan baku dan ketersediaan penyimpanan yang terbatas. Kata kunci: persediaan, single item, deteriorated item, economic production quantity (EPQ).

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Eny Suparny
Date Deposited: 12 Jul 2019 04:27
Last Modified: 12 Jul 2019 04:27
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/20304

Actions (login required)

View Item View Item