REKLAMASI LAHAN BEKAS PENAMBANGAN GOLONGAN BATUAN BERDASARKAN KEMAMPUAN LAHAN DI DUSUN BALERANTE, DESA BALERANTE, KECAMATAN KEMALANG, KABUPATEN KLATEN, JAWA TENGAH

Swara, Nugraha Aji (2019) REKLAMASI LAHAN BEKAS PENAMBANGAN GOLONGAN BATUAN BERDASARKAN KEMAMPUAN LAHAN DI DUSUN BALERANTE, DESA BALERANTE, KECAMATAN KEMALANG, KABUPATEN KLATEN, JAWA TENGAH. Other thesis, UPN Veteran Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (94kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (662kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (13kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (123kB) | Preview

Abstract

INTISARI Kegiatan penambangan di daerah penelitian sudah berlangsung sejak 2008 namun sejak tahun 2014 sudah tidak ada kegiatan penambangan. Kegiatan penambangan dilakukan oleh warga sekitar lokasi penelitian dengan menggunakan alat tradisional seperti linggis dan pacul. Kegiatan penambangan yang dilakukan oleh masyarakat tidak memiliki izin resmi. Akibat penambangan tersebut terjadinya perubahan bentang alam di daerah penelitian dan degradasi kualitas lahan akibat penambangan sehingga menjadi lahan tidak produktif. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji kemampuan lahan pada lahan bekas tambang dan perencanaan design reklamasi pada daerah penelitian untuk dijadikan kawasan budidaya. Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu dengan metode survei dan pemetaan lapangan, wawancara, analisis laboratorium, dan pengharkatan. Parameter kemampuan lahan yang digunakan mengacu kepada Brontowiyaono (2016) yaitu kemiringan lereng, kedalaman tanah, tekstur tanah, drainase tanah, proses erosional, tingkat erosi, luas daerah tererosi, persebaran batuan, ancaman banjir, dan ancaman longsor. Kesepuluh parameter tersebut dilakukan pengharkatan untuk memperoleh kelas kemampuan lahan, kemudian dievaluasi untuk menjadi bahan pertimbangan bersama dengan rona lingkungan untuk merencanakan reklamasi di daerah penelitian. Berdasarkan hasil evaluasi kemampuan lahan pada lahan bekas tambang di daerah penelitian didapatkan 3 kelas yaitu baik, sedang, dan buruk. Khususnya pada wilayah bekas tambang termasuk kedalam kelas sedang dan buruk. Kegiatan reklamasi yang akan dilakukan berupa penataan lahan dan revegetasi. Penataan lahan berupa pembuatan teras dengan tinggi jenjang 2 meter, lebar 6 meter, kemiringan 45o, dan back slope 1,5-2 o serta pembuatan saluran pembuangan air (SPA) dengan ukuran lebar dasar 0,15 meter, lebar atas 0,4 meter, ketinggian 0,7 meter dan kemiringan dinding saluran sebesar 50º. Kegiatan revegetasi berupa penanaman pohon sirsak dengan jarak tanam 4 m x 4 m dan lubang tanam 50 cm x 50 cm x 50 cm serta pohon alpukat 7 m x 7 m dan lubang tanam 70 cm x 70 cm x 70 cm. Serta persiapan untuk menunjang aktivitas agrowisata pengadaan fasilitas lahan parkir, taman terbuka dan menara pandang. Kata kunci: Degradasi lahan, Kemampuan Lahan, Reklamasi, Agrowisata.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > TD Environmental technology. Sanitary engineering
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Civil Engineering and the Environment
Depositing User: S.IP NURUL ALIFAH RAHMAWATI
Date Deposited: 12 Jul 2019 03:52
Last Modified: 12 Jul 2019 03:52
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/20293

Actions (login required)

View Item View Item