KERJASAMA BILATERAL KERAJAAN BHUTAN DENGAN REPUBLIK INDIA DALAM UPAYA PEMBANGUNAN BERKELANJUTAN MELALUI INDIA-BHUTAN STRATEGIC DIALOGUE (TRACK II) TAHUN 2013-2017

RAMADHAN, RIDHA (2019) KERJASAMA BILATERAL KERAJAAN BHUTAN DENGAN REPUBLIK INDIA DALAM UPAYA PEMBANGUNAN BERKELANJUTAN MELALUI INDIA-BHUTAN STRATEGIC DIALOGUE (TRACK II) TAHUN 2013-2017. Other thesis, UPN Veteran Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (104kB) | Preview
[img]
Preview
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (530kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (92kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (155kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi ini akan menjelaskan tentang Kerjasama Kerajaan Bhutan dengan Republik India dalam upaya pembangunan berkelanjutan. Tujuan dari penulisan skripsi ini adalah untuk mengetahui kepentingan nasional Bhutan dalam melakukan kerjasama bilateral dengan India dan mengerti faktor-faktor yang mendukung Bhutan memilih India sebagai mitra utama kerjasama internasional dalam konteks India-Bhutan Strategic Dialogue (Track II) 2013-2017. Metode penelitian dalam skripsi ini menggunakan pendekatan metode penelitian eksplanatif, metode ini bertujuan untuk menyoroti hubungan Bhutan dengan India, kemudian dianalisis guna memperoleh jawaban pokok atas permasalahan mengenai alasan mengapa Bhutan memilih melakukan kerjasama bilateral dengan India. Data-data yang dikumpulkan merupakan data sekunder hasil dari studi pustaka. Mengingat isu pembangunan berkelanjutan ini merupakan jalan bagi sebuah negara untuk berkembang baik secara sosial, ekonomi, dan keamanan. Dalam perspektif Bhutan, Bhutan yang merupakan negara terkurung daratan dan merupakan negara yang kurang berkembang secara ekonomi memerlukan langkah strategis untuk mulai mengatasi masalah-masalahnya dengan membuka peluang kerjasama dengan negara lain yang dinilai mampu membantu Bhutan untuk mewujudkan aspirasi masyarakatnya. Sedangkan pembangunan berkelanjutan secara sosial-ekonomi mampu berjalan dengan baik apabila kondisi keamanan Bhutan terjamin. Dengan menimbang faktor sejarah, geo-strategi, dan keamanan kawasan, Bhutan pada akhirnya memutuskan untuk mempererat hubungan politiknya dengan India sejak adanya perjanjian India Bhutan Friendship Treaty tahun 1949 hingga pada perubahan instrumen yang dilakukan pada tahun 2007 untuk memberikan keleluasaan bagi Bhutan untuk mulai berkembang secara lebih mandiri. Kata Kunci: Kerajaan Bhutan, Republik India, India-Bhutan Friendship Treaty, India-Bhutan Strategic Dialogue, Pembangunan Berkelanjutan, Kepentingan Nasional, Kerjasama Internasional.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: J Political Science > JZ International relations
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: S.IP NURUL ALIFAH RAHMAWATI
Date Deposited: 10 Jul 2019 07:49
Last Modified: 10 Jul 2019 07:49
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/20260

Actions (login required)

View Item View Item