EVALUASI KESESUAIAN LAHAN UNTUK TANAMAN TEMBAKAU (Nicotiana tabacum) DI DESA TEGALREJO KECAMATAN NGADIREJO KABUPATEN TEMANGGUNG

MUDAYANA, RICO (2019) EVALUASI KESESUAIAN LAHAN UNTUK TANAMAN TEMBAKAU (Nicotiana tabacum) DI DESA TEGALREJO KECAMATAN NGADIREJO KABUPATEN TEMANGGUNG. Other thesis, UPN Veteran Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
COVER-dikonversi.pdf

Download (103kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (452kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK FULL-dikonversi.pdf

Download (34kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI-dikonversi.pdf

Download (34kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Desa Tegalrejo merupakan salah satu Desa dengan tingkat produktivitas tembakau terbesar di Kabupaten Temanggung. Pada tahun 2018 produktivitas tanaman tembakau mengalami penurunan, maka perlu dilakukan evaluasi lahan untuk mengetahui faktor pembatas yang terdapat di Desa Tegalrejo. Tujuan dari penelitian ini yaitu mengevaluasi kelas kesesuaian lahan untuk tanaman tembakau. Penelitian ini dilaksanakan di Desa Tegalrejo Kecamatan Ngadirejo Kabupaten Temanggung yang dilaksanakan pada bulan Mei 2018 hingga September 2018. Metode yang digunakan yaitu survey untuk mendapatkan informasi melalui pengamatan langsung di lapangan, sedangkan pengambilan sampel dilakukakn secara purposif berdasarkan peta satuan lahan. Adapun parameter yang diamati di laboratorium adalah tekstur, KPK, kejenuhan basa, pH (H2O), C-Organik dan salinitas. Parameter lapangan yang diamati yaitu: drainase, bahan kasar, kedalaman tanah, bahaya erosi, batuan di permukaan dan singkapan batuan. Data yang diperoleh kemudian dicocokkan dengan kriteria kelas kesesuaian lahan untuk tanaman tembakau. Hasil penelitian menunjukkan kelas kesesuaian lahan untuk tanaman tembakau di Desa Tegalrejo Kecamatan Ngadirejo Kabupaten Temanggung termasuk dalam kelas sesuai marginal (S3) dengan faktor pembatas curah hujan, drainase, tekstur, bahan kasar, pH (H2O) dan bahaya erosi. Sebagian wilayah penelitian termasuk kelas tidak sesuai (N) dengan faktor pembatas kedalaman tanah. Kata Kunci : Lahan, kesesuaian lahan, evaluasi lahan, tembakau.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Geography
Depositing User: S.IP NURUL ALIFAH RAHMAWATI
Date Deposited: 10 Jul 2019 07:35
Last Modified: 10 Jul 2019 07:35
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/20256

Actions (login required)

View Item View Item