PERSEPSI AUDIENS TERHADAP IKLAN SOFT SELLING DAN HARD SELLING TOYOTA NEW YARIS DI YOUTUBE

Narita, Maria Gisa (2019) PERSEPSI AUDIENS TERHADAP IKLAN SOFT SELLING DAN HARD SELLING TOYOTA NEW YARIS DI YOUTUBE. Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta.

[thumbnail of ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
ABSTRACT.pdf

Download (271kB) | Preview
[thumbnail of ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (384kB) | Preview
[thumbnail of COVER.pdf]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (121kB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (227kB) | Preview
[thumbnail of halaman pengesahan.pdf]
Preview
Text
halaman pengesahan.pdf

Download (52kB) | Preview
[thumbnail of daftar pustaka.pdf] Text
daftar pustaka.pdf

Download (300kB)

Abstract

Pergeseran minat konsumen terhadap iklan digital mendorong pemilik brand agar
semakin kreatif. Untuk mencapai tujuan perusahaan, mereka membuat beberapa jenis
iklan yang disesuaikan dengan tujuannya serta dipertimbangkan pemilihan medianya.
Dalam penelitian ini penulis melihat bagaimana PT Toyota Astra Motor memadukan
antara iklan berjenis hard selling dengan soft selling untuk memasarkan produk Toyota
New Yaris melalui YouTube. Untuk itu diperbandingkan iklan hard selling, New Yaris-
Powered by Excitement dan iklan soft selling, Mengakhiri Cinta dalam 3 Episode.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana persepsi audiens terhadap kedua
iklan. Dalam mencapai tujuan penelitian, penulis menggunakan metode kuantitatif
dengan cara eksperimen. Populasi pada penelitian ini adalah mahasiswa Konsentrasi
Periklanan Jurusan Ilmu Komunikasi Universitas Pembangunan Nasional “Veteran”
Yogyakarta angkatan 2015 yang memenuhi kualifikasi, yaitu sebanyak 30 mahasiswa.
Validitas data penelitian ini menggunakan korelasi product moment dan teknik analisis
data menggunakan uji paired t test. Penelitian ini menggunakan teori perbedaan
individu sebagai dasar. Teori ini menjelaskan bahwa setiap orang dengan sendirinya
memiliki persepsi yang berbeda sehubungan dengan kepribadiannya. Hasil penelitian
menunjukkan iklan hard selling dipersepsi positif sebesar 73% sedangkan iklan soft
selling dipersepsi sebesar 75%. Dalam penelitian ini perhitungan menggunakan paired
t test menunjukkan bahwa H0 diterima sehingga dapat disimpulkan bahwa persepsi
audiens terhadap perhatian, penafsiran, serta pengetahuan yang didapat setelah
menonton kedua iklan tidak memiliki perbedaan persepsi yang signifikan.
Kata-kata Kunci: persepsi, iklan hard selling, iklan soft selling.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: persepsi, iklan hard selling, iklan soft selling.
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Eko Yuli
Date Deposited: 10 Jul 2019 06:57
Last Modified: 10 Jan 2024 06:28
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/20247

Actions (login required)

View Item View Item