PENGARUH PERTUMBUHAN PENJUALAN TERHADAP PROFITABILITAS DENGAN STRUKTUR MODAL SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi pada Perusahaan sub sektor Otomotif dan Komponen yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2013-2017)

Hibatullah, Fashan (2019) PENGARUH PERTUMBUHAN PENJUALAN TERHADAP PROFITABILITAS DENGAN STRUKTUR MODAL SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi pada Perusahaan sub sektor Otomotif dan Komponen yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2013-2017). Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (123kB) | Preview
[img]
Preview
Text
PENGESAHAN PDF.pdf

Download (319kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAKSI.pdf

Download (256kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (384kB) | Preview

Abstract

ABSTRAKSI Fashan Hibatullah, Nomor Induk Mahasiswa 152150110, Program Studi Administrasi Bisnis, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Yogyakarta. Judul penelitian Pengaruh Pertumbuhan Penjualan Terhadap Profitabilitas Dengan Struktur Modal Sebagai Variabel Intervening pada Perusahaan Otomotif dan Komponen yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2013-2017. Dosen Pembimbing I Drs. Indro Herry Mulyanto, M.Si dan Dosen pembimbing II Drs. Susanta, M.Si. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh langsung pertumbuhan penjualan terhadap profitabilitas dan pengaruh tidak langsung pertumbuhan penjualan terhadap profitabilitas melalui struktur modal sebagai variabel intervening pada perusahaan otomotif dan komponen yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Jenis penelitian ini adalah penelitian explanatory. Populasi penelitian ini adalah perusahaan sub sektor otomotif dan komponen yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia selama tahun 2013-2017. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Metode statistik yang digunakan adalah stastistik deskriptif, serta analisis jalur. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh signifikan dari pertumbuhan penjualan (SG) terhadap profitabilitas (ROE) dengan nilai sig 0,004 (p ≤ 0,05). Ada pengaruh signifkan dari Pertumbuhan Penjualan (SG) terhadap Struktur Modal (DER) dengan nilai sig 0,003 (p ≤ 0,05). Ada Pertumbuhan penjualan berpengaruh signifikan terhadap struktur modal. Hal ini dibuktikan dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 (p ≤ 0,05). Hasi perhitungan uji sobel didapatkan nilai z sebesar 2,507876, karena nilai z 2,507876 > 1,96 dengan tingkat signifikansi 5% maka membuktikan bahwa struktur modal mampu memediasi hubungan pengaruh pertumbuhan penjualan terhadap profitabilitas. Kesimpulan, secara parsial variabel Pertumbuhan Penjualan (SG) berpengaruh signifikan terhadap Struktur Modal (DER) dan Profitabilitas (ROE). Struktur Modal (DER) juga berpengaruh signifikan terhadap Profitabilitas (ROE). Serta pengaruh tidak langsung antara Pertumbuhan Penjualan (SG) terhadap Profitabilitas (ROE) melalui struktur modal (DER) berpengaruh signifikan. Saran penelitian, Bagi perusahaan, hendaknya memperhatikan dalam penentuan proporsi hutang dan modal karena penggunaan hutang akan menimbulkan beban bunga yang bersifat tetap, jika tidak dikelola dengan baik, maka penggunaan hutang akan menurunkan profitabilitas dan memperbesar risiko kebangkrutan bagi perusahaan. Bagi Investor, diharapkan lebih teliti mengamati perkembangan kinerja perusahaan baik pada tingkat penjualan, penggunaan hutang dan modal serta dalam hal kemampuan perusahaan menghasilkan keuntungan. Bagi penelitian mendatang, diharapkan dapat melibatkan seluruh sektor industri serta dapat menginternalisasi variabel-variabel lain yang relevan terkait profitabilitas perusahaan. Kata kunci : Pertumbuhan Penjualan (SG), Struktur modal (DER), profitabilitas (ROE).

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Basir Umaryadi
Date Deposited: 10 Jul 2019 03:48
Last Modified: 10 Jul 2019 03:48
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/20226

Actions (login required)

View Item View Item