IMPLEMENTASI SIMPLE MULTI ATTRIBUTE RATING TECHNIQUE (S.M.A.R.T.) UNTUK MEREKOMENDASIKAN KECOCOKAN LAHAN TANAH DENGAN TANAMAN PERTANIAN DI DAERAH CANGKRINGAN

Pratiwi, Raden Roro Herlina Nuur (2019) IMPLEMENTASI SIMPLE MULTI ATTRIBUTE RATING TECHNIQUE (S.M.A.R.T.) UNTUK MEREKOMENDASIKAN KECOCOKAN LAHAN TANAH DENGAN TANAMAN PERTANIAN DI DAERAH CANGKRINGAN. Other thesis, UPN Veteran Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
COVER_123140029_Raden Roro Herlina Nuur Pratiwi.pdf

Download (325kB) | Preview
[img]
Preview
Text
PENGESAHAN PENGUJI.pdf

Download (718kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK_123140029_Raden Roro Herlina Nuur Pratiwi.pdf

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI_123140029_Raden Roro Herlina Nuur Pratiwi.pdf

Download (144kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilakukan di daerah Cangkringan, Sleman tepatnya di desa Wukirsari, kecamatan Cangkringan, Sleman. Masalah yang sering dihadapi petani pada saat panen adalah kurang optimalnya hasil panen baik dari segi kualitas dan kuantitas. Salah satu penyebabnya adalah ketidaksesuaian tanaman yang ditanam terhadap lahan pertanian, di samping itu rendahnya pengetahuan tentang informasi berkaitan dengan cara menentukan tanaman yang cocok untuk lahan pertanian sawah berdasarkan aspek-aspek seperti keadaan lahan tanah yang meliputi pH tanah, iklim meliputi suhu dan curah hujan. Ada beberapa faktor agar tanaman yang ditanam dapat tumbuh dengan baik sehingga dapat memberikan hasil panen yang optimal. Data tanaman yang digunakan adalah tanaman jagung, melon dan cabai. Kriteria yang digunakan dalam penelitian ini adalah pH tanah, curah hujan, suhu, dan kelembaban. Dari hasil penelitian didapatkan kesimpulan yaitu, memberikan rekomendasi tanaman pertanian di lahan tanah di desa Wukirsari, Cangkringan, Sleman. Peta yang digunakan berasal dari Google maps, yang berguna untuk mengetahui letak lokasi lahan tanah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode S.M.A.R.T. Metode S.M.A.R.T. merupakan teknik pengambilan keputusan multi kriteria ini didasarkan pada teori bahwa setiap alternatif terdiri dari sejumlah kriteria yang memiliki nilai-nilai dan setiap kriteria memiliki bobot yang menggambarkan seberapa penting dibandingkan dengan kriteria lain. Pembobotan ini digunakan untuk menilai setiap alternatif agar diperoleh alternatif terbaik. Hasil dari penelitian ini yaitu sebuah aplikasi yang dibuat menggunakan web dengan inputan kriteria tanah dan kriteria tanaman serta menghasilkan rekomendasi tanaman berdasarkan kondisi lahan tanah tertentu. Katakunci : Kecocokan Lahan, Tanaman, Sistem Pendukung Keputusan, Google maps, Metode S.M.A.R.T.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Electronics and Computer Science
Depositing User: S.IP NURUL ALIFAH RAHMAWATI
Date Deposited: 09 Jul 2019 08:25
Last Modified: 09 Jul 2019 08:25
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/20211

Actions (login required)

View Item View Item