PENENTUAN RUTE OPTIMAL DISTRIBUSI KORAN CETAK MENGGUNAKAN ALGORITMA HYBRID HEURISTIC DENGAN KARAKTERISTIK RUTE TERBUKA (Studi Kasus di PT Sirkulasi Kompas Gramedia, Yogyakarta)

Sihotang, Rita (2019) PENENTUAN RUTE OPTIMAL DISTRIBUSI KORAN CETAK MENGGUNAKAN ALGORITMA HYBRID HEURISTIC DENGAN KARAKTERISTIK RUTE TERBUKA (Studi Kasus di PT Sirkulasi Kompas Gramedia, Yogyakarta). Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta.

[thumbnail of ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (30kB) | Preview
[thumbnail of COVER.pdf]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (72kB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (40kB) | Preview
[thumbnail of LEMBAR PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (157kB) | Preview

Abstract

PT Sirkulasi Kompas Gramedia (SKG) Yogyakarta merupakan salah satu
distributor koran cetak Kompas yang bertugas untuk mendistribusikan kebutuhan
koran kepada para agen di wilayah regional Yogyakarta dan sekitarnya. Meskipun
terjadi penurunan permintaan, khususnya di wilayah Yogyakarta, Klaten, dan
Magelang yang diakibatkan oleh perkembangan media digital, perusahaan ini
memiliki eksistensi untuk tetap beroperasi karena loyalitas perusahaan dalam
menyajikan berita dengan tepat waktu (up to date). Untuk mendukung hal itu,
sampai saat ini PT SKG masih menyewa enam unit mobil Grand Max dalam
memenuhi kebutuhan koran cetak di wilayah tersebut, sama seperti pada periodeperiode
sebelumnya. Akibatnya, kapasitas mobil yang disewa tidak dimanfaatkan
secara optimal. Oleh karena itu, perlu dilakukan penentuan rute optimal distribusi
koran cetak dengan mempertimbangkan kapasitas dan waktu operasi tiap mobil.
Melalui hal ini, diharapkan jarak yang ditempuh dalam melakukan distribusi
menjadi lebih minimal sehingga dapat mengurangi biaya pendistribusian.
Pada penelitian ini diusulkan metode penentuan rute dengan algoritma
hybrid heuristic dengan tiga tahapan yaitu, pengklasteran, pengurutan rute, serta
perbaikan rute. Adapun tahap pengklasteran diselesaikan dengan algoritma sweep
dan clarke and wright saving. Sedangkan tahap pengurutan rute diselesaikan
dengan algoritma insertion heuristic dan nearest neighbor. Sehingga, kombinasi
dari pengklasteran dan pengurutan rute yang dilakukan dalam penelitian ini yaitu
kombinasi antara algoritma sweep dan insertion heuristic, sweep dan nearest
neighbor, clarke and wright saving dan insertion heuristic, Clarke and Wright
saving dan nearest neighbor. Kombinasi yang menghasilkan jarak terpendek akan
dipilih dan dilakukan perbaikan dengan algoritma 2-opt. Penyelesaian ini dipilih
agar hasilnya memberikan rute dengan jarak yang lebih minimal daripada rute
yang dipakai oleh perusahaan saat ini.
Rute yang saat ini dipakai perusahaan menghasilkan total jarak sejauh
1.004,749 km, sedangkan rute hasil penelitian menghasilkan total jarak sejauh
801,557 km yang diperoleh dengan kombinasi algoritma sweep dan nearest
neighbor serta perbaikan dengan algoritma 2-opt. Total penurunan jarak tempuh
ini dapat meminimalkan biaya yang dikeluarkan perusahaan dari Rp2.767.054
menjadi Rp1.901.293 atau sebesar 31,3% dari rute yang dipakai oleh perusahaan.
Kata kunci: rute distribusi, vehicle routing problem, vrp, hybrid heuristic

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Chemistry
Depositing User: Eko Yuli
Date Deposited: 09 Jul 2019 01:40
Last Modified: 15 Jan 2024 01:43
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/20182

Actions (login required)

View Item View Item