PENGARUH PEMBERIAN PUPUK KANDANG SAPI DAN BIOCHAR SEKAM PADI TERHADAP KANDUNGAN UNSUR HARA N, P, DAN K PADA LAHAN BEKAS PENAMBANGAN BATU BATA

Abdillah, Ade Setya (2019) PENGARUH PEMBERIAN PUPUK KANDANG SAPI DAN BIOCHAR SEKAM PADI TERHADAP KANDUNGAN UNSUR HARA N, P, DAN K PADA LAHAN BEKAS PENAMBANGAN BATU BATA. Other thesis, UPN Veteran Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (104kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (113kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (34kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTRA ISI.pdf

Download (325kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian pupuk kandang sapi dan biochar sekam padi terhadap unsur hara N, P, dan K pada lahan bekas penambangan batu bata. Metode penelitian mengguakan metode RAL ( Rancangan Acak Lengkap ) 2 faktor, dengan faktor pertama pupuk kandang sapi dan faktor kedua biochar sekam padi, dengan perlakuan P0 tanpa pupuk kandang sapi, P1 sebanyak 10 ton/ha pupuk kandang sapi, dan P2 sebanyak 20 ton/ha pupuk kandang sapi, B0 tanpa biochar sekam padi, B1 sebanyak 10 ton/ha biochar sekam padi, dan B2 sebanyak 20 ton/ha biochar sekam padi. Parameter penelitian meliputi kandungan pH, C-organik, N-total, P-tersedia, K-tersedia, dan KPK. Pengolahan data untuk mengetahui pengaruh perlakuan digunakan sidik ragam (ANOVA) dan diikuti dengan uji lanjutan menggunakan Duncan Multiple Range Test (DMRT) pada taraf uji 5% jika berbeda nyata. Hasil penelitian menunjukan perlakuan pemberian pupuk kandang sapi berpengaruh terhadap pH, C-organik, N-total, P-tersedia, dan K-tersedia, dengan dosis pupuk kandang terbaik 20 ton/ha (P2). Pemberian dosis biochar sekam padi 10 ton/ha (B1) berpengaruh pada perlakuan pH, C-organik, P-tersedia, dan K-tersedia, tetapi tidak berpengaruh terhadap N-total tanah. Pada perlakuan kombinasi pupuk kadang sapi dan biochar sekam padi terdapat interaksi dalam meningkatkan KPK pada kombinasi terbaik 10 ton/ha pupuk kandang sapi (P1), dan (10) ton/ha biochar sekam padi (B1). Kata Kunci: Biochar, pupuk kandang, tambang batu bata, dan unsur hara.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Faculty of Medicine, Health and Life Sciences > School of Biological Sciences
Depositing User: S.IP NURUL ALIFAH RAHMAWATI
Date Deposited: 08 Jul 2019 03:25
Last Modified: 08 Jul 2019 03:25
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/20151

Actions (login required)

View Item View Item