PENENTUAN JALUR EVAKUASI DAN TITIK KUMPUL TERHADAP BENCANA GEMPA BUMI (Studi kasus di Gedung Pattimura dan Dr. Cipto Mangunkusumo, FTI, UPNVY)

Mulyatno, Dwi Setyo (2019) PENENTUAN JALUR EVAKUASI DAN TITIK KUMPUL TERHADAP BENCANA GEMPA BUMI (Studi kasus di Gedung Pattimura dan Dr. Cipto Mangunkusumo, FTI, UPNVY). Other thesis, UPN Veteran Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (104kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lembar Pengesahan.pdf

Download (396kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (77kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (38kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Yogyakarta (UPNVY) merupakan salah satu kampus yang berdiri di atas daerah rawan bencana. Berdasarkan informasi dari Kepala Bagian Sarana dan Prasarana, pemasangan petunjuk jalur evakuasi dan papan titik kumpul di UPNVY dilakukan hanya berdasarkan pengalaman yang pernah terjadi beberapa tahun silam. Pada bencana gempa 2006 dan erupsi merapi 2010 yang terjadi, banyak pengguna gedung yang kebingungan dalam menyelamatakan diri karena kurangnya petunjuk evakuasi. Hal ini sangat rentan timbulnya kerugian maupun korban karena bencana gempa bumi tidak dapat di prediksi dan terjadi secara tiba-tiba. Penelitian ini bertujuan untuk membuat visualisasi simulasi pengguna terhadap bencana gempa bumi. Simulasi juga akan menunjukkan tempat untuk keluar dan menyelamatkan diri serta menghindari tempat yang berbahaya dari gedung secara cepat dan aman. Usulan menggunakan simulasi dimaksudkan untuk memperkiraan waktu evakuasi dengan beragam skenario posisi pengguna gedung yang mungkin terjadi. Pada penelitian ini dilakukan simulasi dengan 3 skenario pada gedung Pattimura dan 3 skenario pada gedung Dr. Cipto Mangunkusumo yang berdasarkan kriteria rute evakuasi yang baik dan titik kumpul yang tepat. Pada gedung Pattimura skenario 2 dianggap paling optimal dengan waktu evakuasi 46’51” dimana 2 kelas melewati tangga tengah dan 2 kelas melewati tangga timur dan barat. Sedangkan gedung Dr. Cipto Mangunkusumo dipilih skenario 2 dengan waktu evakuasi 49’ dengan rute 2 kelas melewati tangga timur dan 1 kelas melewati tangga barat. Kebutuhan papan petunjuk informasi bencana sebanyak 90 papan jalur evakuasi kelas, 76 papan jalur evakuasi tangga, 1 papan arah titik kumpul, dan 3 papan titik kumpul. Kata kunci: bencana gempa bumi, jalur evakuasi, titik kumpul, simulasi

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > TD Environmental technology. Sanitary engineering
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: S.IP NURUL ALIFAH RAHMAWATI
Date Deposited: 08 Jul 2019 03:20
Last Modified: 08 Jul 2019 03:20
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/20150

Actions (login required)

View Item View Item