ANALISIS PENENTUAN JUMLAH PRODUKSI OPTIMAL MENGGUNAKAN METODE ECONOMIC PRODUCTION QUANTITY (EPQ) GUNA MEMINIMASI BIAYA PRODUKSI (Studi Kasus di UD. Bangkit Harjah Berbah Yogyakarta)

Sinaga, Aprida Anggriani (2019) ANALISIS PENENTUAN JUMLAH PRODUKSI OPTIMAL MENGGUNAKAN METODE ECONOMIC PRODUCTION QUANTITY (EPQ) GUNA MEMINIMASI BIAYA PRODUKSI (Studi Kasus di UD. Bangkit Harjah Berbah Yogyakarta). Other thesis, UPN Veteran Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
03.COVER.pdf

Download (295kB) | Preview
[img]
Preview
Text
04.LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
02.ABSTRAK.pdf

Download (11kB) | Preview
[img]
Preview
Text
05.DAFTAR ISI.pdf

Download (196kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini digunakan untuk mengetahui jumlah produksi optimal yang dilakukan oleh UD. Bangkit Harjah. Yang digunakan untuk membandingkan nilai atau hasil dari kebijakan perusahaan sebelum menggunakan metode Economic Production Quantity (EPQ) dan sesudah menggunakan Metode Economic Production Quantity (EPQ). Model EPQ mengarahkan perusahaan agar dapat meminimalkan total biaya produksi dengan mereduksi biaya inventori. Dengan menggunakan metode EPQ diperoleh jumlah produksi optimal untuk roti kecil adalah 84.831 bungkus dan roti besar sebanyak 79.853 bungkus. Metode ini menunjukan adanya penghematan biaya jika dibanding dengan kebijakan perusahaan. Terdapat penghematan biaya sebesar Rp 814.981,- untuk roti kecil dan Rp 953.748,- untuk roti besar. Dengan mempertimbangkan peramalan dan EPQ maka, jumlah produksi ini jauh lebih ekonomis dan memaksimalkan produksi sehingga bisa meminimumkan total biaya pengadaan yang terdiri dari biaya persiapan dan biaya penyimpanan. Model persediaan ini juga dapat menentukan lama proses produksi berhenti yang dapat dimanfaatkan untuk pemeliharaan mesin guna mendukung kelancaran operasional sehingga dapat dilanjutkan pada putaran produksi berikutnya. Kata kunci: Economic Production Quantity (EPQ), biaya produksi, peramalan dan EPQ, jumlah produksi optimal.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > TD Environmental technology. Sanitary engineering
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: S.IP NURUL ALIFAH RAHMAWATI
Date Deposited: 08 Jul 2019 03:09
Last Modified: 08 Jul 2019 03:09
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/20148

Actions (login required)

View Item View Item