IDENTIFIKASI KEBERADAAN UTILITAS BAWAH PERMUKAAN MENGGUNAKAN METODE ELEKTROMAGNETIK GROUND PENETRATING RADAR (GPR) UNTUK PENANAMAN PIPA KABEL BARU DAERAH PULOPANCIKAN, GRESIK, JAWA TIMUR

WICAKSONO, KRISTIAWAN MUKTI (2019) IDENTIFIKASI KEBERADAAN UTILITAS BAWAH PERMUKAAN MENGGUNAKAN METODE ELEKTROMAGNETIK GROUND PENETRATING RADAR (GPR) UNTUK PENANAMAN PIPA KABEL BARU DAERAH PULOPANCIKAN, GRESIK, JAWA TIMUR. Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta.

[thumbnail of ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (13kB) | Preview
[thumbnail of COVER SKRIPSI.pdf]
Preview
Text
COVER SKRIPSI.pdf

Download (208kB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (300kB) | Preview
[thumbnail of HALAMAN PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (436kB) | Preview

Abstract

Pembangunan sarana dan prasarana yang ada, dibutuhkan perencanaan yang baik, tertata, dan efisien. Salah satu bagian dari sarana tersebut adalah sarana komunikasi, kebutuhan listrik, air dan saluran pembuangan. Salah satu perencanaan pembangunan tersebut adalah penanaman pipa atau kabel baru untuk mengoptimalkan sarana dan prasarana tertentu. Untuk meningkatkan efisiensi kerja dalam penanaman kabel baru,perlu dilakukan pemetaanan utilitas bawah tanah, pada penelitian ini berada di daerah Gresik. Metode yang digunakan adalah Ground Penetrating Radar (GPR).
Metode ini mempunyai resolusi yang bagus untuk mengidentifikasi keberadaan utilitas tersebut. Utilitas yang dimaksud dalam penelitian ini adalah pipa, kabel, saluran air dan benda lainnya yang terletak pada bawah permukaan tanah. Penelitian ini menggunakan 8 Lintasan GPR, 6 lintasan memiliki arah berpotongan dengan arah jalan dan 2 lintasan berpotongan dengan lintasan lain (crossline). Dari hasil pengolahan data dan korelasi antar lintasan didapatkan respon gelombang berbentuk hiperbolik yang menunjukan letak pipa logam dan kabel optik di bawah permukaan.
Keberadaan dari Kabel optik tersebut ditanam pada bawah permukaan tanah dengan rentan kedalaman antara 1 meter sampai 1,4 meter. Sedangkan Pipa logam ditanam dengan rentan kedalaman 1,2 meter sampai 1,5 meter di bawah permukaan tanah. Hasil identifikasi dan korelasi dari 8 lintasan tersebut dapat menunjukan rekomendasi posisi dan letak untuk melakukan penanaman pipa atau kabel baru di samping barat kabel optik,dengan luas 4 - 5 meter.
Kata kunci : Ground Penetrating Radar, Gelombang hiperbolik, Utilitas.
v

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Q Science > QE Geology
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Eko Yuli
Date Deposited: 04 Jul 2019 04:03
Last Modified: 04 Aug 2023 04:41
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/20123

Actions (login required)

View Item View Item