PERANCANGAN APLIKASI SIMULASI SUPLAI BBM MENGGUNAKAN METODE LINEAR SEQUENTIAL MODEL (Studi kasus di PT Pertamina Refenery Unit VI Balongan)

Na’im, Ahmad Ainun (2019) PERANCANGAN APLIKASI SIMULASI SUPLAI BBM MENGGUNAKAN METODE LINEAR SEQUENTIAL MODEL (Studi kasus di PT Pertamina Refenery Unit VI Balongan). Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta.

[thumbnail of 2. ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (11kB) | Preview
[thumbnail of 3. COVER.pdf]
Preview
Text
3. COVER.pdf

Download (207kB) | Preview
[thumbnail of 4. LEMBAR PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
4. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 5. DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
5. DAFTAR ISI.pdf

Download (91kB) | Preview

Abstract

PT Pertamina (Persero) RU VI Balongan yang merupakan kilang keenam dari tujuh kilang Direktorat pengolahan PT Pertamina (Persero) bertugas untuk mengolah minyak mentah (crude oil) menjadi produk-produk Bahan Bakar Minyak (BBM). Dalam perencanaan jadwal suplai BBM bagian Supply Chain and Distribution masih menggunakan sistem pengoperasian yang tradisional, dimana semua data yang akan diinputkan harus disalin dari suatu sheet ke sheet lain secara manual, menyebabkan tingkat kesalahan penginputan data tinggi, serta memerlukan waktu yang lama sehingga diperlukan sistem aplikasi simulasi suplai BBM yang mampu mempercepat waktu pengoperasian dan mudah digunakan oleh operator dalam menyusun jadwal suplai BBM
Penelitian ini membahas mengenai perancangan aplikasi Simulasi Suplai BBM dikarenakan perusahaan menginginkan dukungan aplikasi dengan format baku yang mampu mempercepat waktu pengoperasian dan mudah digunakan oleh operator. Diharapkan aplikasi tersebut mampu menyusun jadwal pendistribusian sesuai persediaan produk intermedia. Dalam proses perancangan aplikasi digunakan metode Linear Sequential Model. Penelitian ini diawali dengan pengumpulan data sistem, mendesain perangkat lunak, melakukan pengkodean dan melakukan pengujian serta implementasi. Hasil dari aplikasi simulasi suplai BBM dijadikan gambaran sistem nyata.
Hasil dari penelitian dilakukan pengujian aplikasi dan implementasi data bulan januari 2018 menggunakan aplikasi Simulasi Suplai BBM. Pengujian aplikasi menunjukan valid yang artinya fungsi dari keseluruhan aplikasi berjalan sesuai rencana sehingga mampu menghemat waktu pembuatan jadwal suplai BBM selama 18 menit dan mudah digunakan oleh operator karena tampilan yang sederhana serta mudah dipahami oleh pengguna baru.
Kata kunci : Aplikasi, Linear Sequential Model, Simulasi, Jadwal Suplai BBM

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Chemistry
Depositing User: Eko Yuli
Date Deposited: 04 Jul 2019 03:59
Last Modified: 18 Jul 2023 04:00
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/20122

Actions (login required)

View Item View Item