KESESUAIAN LAHAN UNTUK PENGEMBANGAN TANAMAN KAYU PUTIH PADA KAWASAN HUTAN PRODUKSI RPH KEPEK, KECAMATAN PLAYEN, KABUPATEN GUNUNG KIDUL.

WIYANDARU, BAHRUM IRFANSYA (2019) KESESUAIAN LAHAN UNTUK PENGEMBANGAN TANAMAN KAYU PUTIH PADA KAWASAN HUTAN PRODUKSI RPH KEPEK, KECAMATAN PLAYEN, KABUPATEN GUNUNG KIDUL. Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (301kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lembar Pengesahan.pdf

Download (553kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (261kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (152kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Kesesuaian lahan adalah kecocokan sebidang lahan untuk penggunaan tertentu. Kesesuaian lahan tanaman kayu putih dilakukan di RPH Kepek, Desa Banyusoco terletak pada posisi astronomi antara 7º.53’.00”-8º.00’.00” Lintang Selatan dan 110º.26’.30”-110º.35’.30”. Daerah tersebut memiliki masalah yaitu solum tanahnya yang dangkal dan juga ketersediaan air yang rendah pada saat musim kemarau membuat daerah ini menjadi lahan marjinal. Pada musim kemarau, lahan pertanian kurang produktif sehingga diperlukan tanaman yang tahan terhadap kekeringan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengevaluasi kesesuaian lahan untuk pengembangan tanaman kayu putih pada kawasan hutan produksi RPH Kepek, Kecamatan Playen, Kabupaten Gunungkidul. Tanaman kayu putih ditanam pada lahan marjinal terutama pada saat kekeringan melanda di musim kemarau. Peneliti menggunakan metode survey untuk mengetahui kondisi umum wilayah dan metode purposive untuk penentuan titik sampel berdasarkan Peta Sistem Lahan yang dibuat dengan cara overlay peta tataguna lahan, peta jenis tanah dan peta topografi. Analisis data dilakukan dengan metode pembandingan (matching) didasarkan pada pencocokan antara kriteria kesesuaian lahan dengan data kualitas lahan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kelas kesesuaian lahan untuk tanaman kayu putih di RPH Kepek, Desa Banyusoco, Kecamatan Playen, Kabupaten Gunungkidul termasuk dalam kelas kelas S3wrn (Sesuai Marjinal) dengan luas 99.40 ha dan S3 wrnp (Sesuai Marjinal) dengan luas 99.40 ha. Upaya untuk meningkatkan kesesuaian lahan adalah dengan membuat bedengan dan terasering serta pemberian pupuk kandang yang telah dikomposkan atau dengan membiarkan sisa tanaman kayu putih yang telah berguguran ditanah dan perlu dilakukan upaya pengeleloaan tingkat tinggi menjadi kesesuaian lahan potensial. Kata Kunci : Kelas kesesuaian lahan, lahan marginal, RPH Kepek, tanaman kayu putih

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Basir Umaryadi
Date Deposited: 04 Jul 2019 02:02
Last Modified: 04 Jul 2019 02:02
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/20107

Actions (login required)

View Item View Item