ANALISIS TINGKAT RISIKO KECELAKAAN KERJA PADA KEGIATAN PENAMBANGAN BATUBARA BLOCK B PT. MINEMEX INDONESIA KEC. MANDIANGIN KAB. SAROLANGUN PROV. JAMBI

PUTRA, VICKMARTINO DWI MUFIKA (2019) ANALISIS TINGKAT RISIKO KECELAKAAN KERJA PADA KEGIATAN PENAMBANGAN BATUBARA BLOCK B PT. MINEMEX INDONESIA KEC. MANDIANGIN KAB. SAROLANGUN PROV. JAMBI. Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
3. COVER.pdf

Download (150kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (107kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (152kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. DAFTAR ISI.pdf

Download (103kB) | Preview

Abstract

RINGKASAN Proses kegiatan penambangan memiliki tingkat risiko serta potensi bahaya yang sangat tinggi, karena dalam proses produksinya banyak melibatkan interaksi antara unit alat berat dengan pekerja, interaksi antar unit alat berat, potensi terjadinya longsor di area kerja, serta masih banyak lagi potensi bahaya yang terdapat di area kerja penambangan batubara yang sewaktu – waktu dapat menimbulkan kecelakaan kerja. Oleh karena itu, perlu dilakukan identifikasi terhadap risiko – risiko kecelakaan kerja yang kemudian dianalisis untuk diketahui tingkat risiko kecelakaan kerja dan tindakan perbaikan yang harus dilakukan pada proses kegiatan penambangan batubara. Penelitian ini dimulai dengan melakukan identifikasi bahaya pada setiap tahapan kegiatan penambangan batubara. Setelah itu melakukan penilaian risiko menggunakan parameter kemungkinan dan konsekuensi, kemudian parameter tersebut dikalikan untuk menentukan nilai risiko. Kemudian nilai risiko tersebut dibandingkan dengan tabel kategori tingkat risiko untuk mendapatkan tingkatan risiko, selanjutnya tingkatan risiko tersebut dikaji untuk menentukan kegiatan pengendalian risko pada tiap tahapan kegiatan penambangan batubara Berdasarkan hasil penilaian risiko maka ditentukan kegiatan yang paling berpotensi menimbulkan kecelakaan dan harus terlebih dahulu mendapat perhatian lebih untuk dilakukan pengendalian risiko adalah kegiatan penimbunan atau dumping batubara pada area stockyard dengan 3 dari 4 risiko nya memiliki tingkat risiko tinggi (high). Saran yang diajukan yaitu, perusahaan sebaiknya melakukan identifikasi dan penilaian risiko pada setiap tahapan kegiatan secara menyeluruh.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Basir Umaryadi
Date Deposited: 02 Jul 2019 06:49
Last Modified: 02 Jul 2019 06:49
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/20088

Actions (login required)

View Item View Item