ANALISIS KINERJA KEUANGAN PERUSAHAAN SEBELUM DAN SESUDAH INITIAL PUBLIC OFFERING (IPO) DI BURSA EFEK INDONESIA (Studi pada Perusahaan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2015)

CHASANAH, USWATUN CHOIRUL (2019) ANALISIS KINERJA KEUANGAN PERUSAHAAN SEBELUM DAN SESUDAH INITIAL PUBLIC OFFERING (IPO) DI BURSA EFEK INDONESIA (Studi pada Perusahaan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2015). Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta.

[thumbnail of 1.HALAMAN JUDUL.pdf]
Preview
Text
1.HALAMAN JUDUL.pdf

Download (139kB) | Preview
[thumbnail of 2.HALAMAN PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
2.HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (926kB) | Preview
[thumbnail of 3.ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
3.ABSTRAK.pdf

Download (253kB) | Preview
[thumbnail of 4.DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
4.DAFTAR ISI.pdf

Download (289kB) | Preview

Abstract

Uswatun Choirul Chasanah, Nomor Induk Mahasiswa 152150099, Program Studi Ilmu Administrasi Bisnis, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Yogyakarta. Judul Penelitian ini ialah Analisis Kinerja Keuangan Perusahaan Sebelum dan Sesudah Initial Public Offering (IPO) di Bursa Efek Indonesia Studi pada Perusahaan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2015. Dosen Pembimbing satu (1) Suratna, Dosen Pembimbing dua (2) Lukmono Hadi.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah perbedaan secara signifikan antara kinerja keuangan perusahaan sebelum dan sesudah melakukan IPO . Jenis penelitian ini ialah deskriptif komparatif. Teknik Pengambilan sampel yang digunakan ialah purposive sampling. Populasi pada penelitian ini ialah sebanyak enambelas laporan keuangan perusahaan dan setelah diseleksi melalui kriteria yang telah ditentukan peneliti, maka ditemukan jumlah sampel sebanyak sebelas laporan keuangan perusahaan. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji Paired Sampel T-test dengan alat uji SPSS versi 25.
Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan terhadap variabel CR, QR, DR, DER, ROI dan ROE sebelum dan sesudah melakukan IPO. Variabel FATO, TATO, dan NPM tidak mengalami perbedaan yang signifikan sebelum dan sesudah melakukan IPO. Secara keseluruhan kinerja keuangan tidak mengalami perbedaan yang signifikan antara sebelum dan sesudah IPO.
Saran dari penelitian ini ditujukan untuk pihak yang berkepentingan yaitu perusahaan yang diteliti dan investor. Bagi perusahaan yang diteliti hendaknya terus mengevaluasi kinerja keuangan dan mengamati rasio-rasio keuangan yang ada untuk memperbaiki dan meningkatkan kinerja keuangan. Investor disarankan untuk lebih cermat dalam memilih perusahaan dan memperhatikan rasio-rasio keuangan perusahan sebagai pengambilan keputusan investasi. Peneliti yang selanjutnya diharapkan dapat menambah periode penelitian dan variabel penelitian.
Kata Kunci : Kinerja Keuangan, IPO, Likuiditas, Solvabilitas, Aktivitas, Profitabilitas, BEI.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Eko Yuli
Date Deposited: 02 Jul 2019 04:38
Last Modified: 05 Sep 2023 02:11
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/20086

Actions (login required)

View Item View Item