PENERAPAN KONSEP LEAN MANUFACTURING UNTUK MEMINIMASI PEMBOROSAN (WASTE) PADA PRODUKSI KAYU LAPIS (PLYWOOD) (Studi kasus di PT Wasabi Inti Sukses, Batang)

Maula, Khaqiq Taufiqu (2019) PENERAPAN KONSEP LEAN MANUFACTURING UNTUK MEMINIMASI PEMBOROSAN (WASTE) PADA PRODUKSI KAYU LAPIS (PLYWOOD) (Studi kasus di PT Wasabi Inti Sukses, Batang). Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
3. COVER.pdf

Download (80kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (14kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. DAFTAR ISI.pdf

Download (41kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK PT Wasabi Inti Sukses merupakan perusahaan yang memproduksi kayu lapis dengan menerapkan sistem produksi make to stock (MTS). Dalam proses produksinya, perusahaan dihadapkan pada beberapa pemborosan berupa kegiatan menganngur yang dilakukan oleh pekerja yang disebabkan oleh ketidakseimbangan dalam penentuan jumlah mesin dan tenaga kerja, kemudian adanya kegiatan bolak-balik dan melintasi beberapa stasiun kerja pada proses material handling yang disebabkan penempatan stasiun kerja yang tidak sesuai dengan aliran proses produksinya, serta banyak dihasilkan produk cacat yang menyebabkan kerugian pada biaya maupun waktu. Sehingga penelitian ini dilakukan untuk meminimasi pemborosan pada poduksi kayu lapis di PT Wasabi Inti Sukses. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan konsep lean manufacturing dengan tools Value Stream Mapping untuk menggambarkan seluruh aliran informasi yang terjadi dalam perusahaan, kemudian Waste Assessment Model untuk mengidentifikasi pemborosan dan mengetahui peringkat pemborosan yang ada. Selanjutnya dilakukan pebaikan menggunakan metode six sigma untuk meminimasi pemborosan produk cacat, penentuan jumlah mesin dan tenaga kerja yang optimal untuk meminimasi aktivitas menganggur, dan relayout tata letak stasiun kerja dengan metode systematic layout planning untuk meminimasi jarak material handling. Perbaikan pada pemborosan produk cacat menggunakan metode six sigma dapat meningkatkan nilai sigma menjadi 2.91 dari sebelumnya 2,47, kemudian tenaga kerja berkurang dari 56 menjadi 46 tenaga kerja, serta jarak material handling setelah perbaikan mengalami penurunan dari 7963,5 m menjadi 4337 m per hari. Kata Kunci: Lean Manufacturing, Waste Assessment Model, Six-Sigma, Tenaga Kerja optimal, Systematic Layout Planning

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Basir Umaryadi
Date Deposited: 02 Jul 2019 03:33
Last Modified: 02 Jul 2019 03:33
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/20078

Actions (login required)

View Item View Item