PENGEMBANGAN ALAT PENCETAK MALAM UNTUK MEMBUAT POLA MODEL GANTUNGAN GONG MENGGUNAKAN METODE (VEREIN DEUTSCER INGENIEURE) 2221 (Studi kasus di Sentra Kuningan Ngawen, khususnya di lokasi Rantyo Abadi)

Darmawan, Yodi (2019) PENGEMBANGAN ALAT PENCETAK MALAM UNTUK MEMBUAT POLA MODEL GANTUNGAN GONG MENGGUNAKAN METODE (VEREIN DEUTSCER INGENIEURE) 2221 (Studi kasus di Sentra Kuningan Ngawen, khususnya di lokasi Rantyo Abadi). Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (111kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (184kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (183kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilakukan di kawasan sentra industri kuningan Ngawen Godean, khususnya di Rantyo Abadi. Usaha mikro kecil menengah (UMKM). Rantyo Abadi menggunakan strategi Make To Order (MTO) untuk memproduksi berbagai macam produk kuningan yang disesuaikan berdasarkan permintaan dari konsumen salah satunya gantungan Gong. Proses produksi yang dilakukan di sini masih secara manual, salah satunya pada tahap pencetakan model dari malam (lilin) untuk gantungan gong. Model malam dicetak satu persatu sampai dengan jumlah 50 sampai 120 buah model malam yang terbagi dalam 3 komponen, untuk memproduksi komponen 1 diperlukan waktu 332 detik/buah sedangkan untuk memproduksi 120 buah diperlukan waktu kurang lebih 10 jam, untuk komponen 2 diperlukan waktu 138 detik/buah sedangkan untuk memproduksi 120 buah diperlukan waktu kurang lebih 5 jam, untuk komponen 3 diperlukan waktu 127 detik/buah sedangkan untuk memproduksi 120 buah diperlukan waktu kurang lebih 5 jam. Berdasarkan permasalahan, penelitian ini dimaksudkan untuk mengembangkan alat pencetak model malam untuk gantungan gong, agar dapat meningkatkan produktivitas jumlah produk. Perancangan dilakukan melalui tahapan-tahapan sesuai dengan metode Verein Deutscher Ingenieure (VDI) 2221. Hasil observasi, wawancara awal dan kuesioner pendahuluan yang telah dilakukan dikawasan sentra industri Kuningan Ngawen, diperoleh hasil bahwa aktivitas kerja pada alat pencetkan malam tersebut masih menggunakan peralatan manual yang tidak presisi karena hanya menghasilkan satu produk dalam sekali cetak. Hasil dari penelitian mencetak malam menggunakan alat baru menunjukkan rata-rata waktu proses pencetakan model gantungan gong sebesar 292 detik untuk 2 unit, jadi untuk per 120 buah pencetakan malam model gantungan gong membutuhkan waktu 5 jam, model baut sebesar 117 detik untuk 2 unit, jadi untuk per 120 buah pencetakan malam (lilin) model baut membutuhkan waktu 2 jam, dan model ring sebesar 118 detik untuk 2 unit, jadi untuk per 120 buah pencetakan malam (lilin) model baut membutuhkan waktu 2 jam. Karena cetakan yang baru memiliki dua pola cetakan malam. Sehingga pengembangan alat pencetak malam ini dapat menurunkan waktu proses pencetakan. Kata kunci: Verein Deutscher Ingenieure (VDI) 2221, produktivitas, ergonomi, perancangan alat.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Basir Umaryadi
Date Deposited: 02 Jul 2019 03:13
Last Modified: 02 Jul 2019 03:13
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/20075

Actions (login required)

View Item View Item