PENURUNAN PEROLEHAN SUARA PARTAI CHRISTIAN DEMOCRATIC UNION (CDU) DALAM PEMILU BUNDESTAG DI JERMAN TAHUN 2017

PRAJOGO, PATRICIA NARULITA (2019) PENURUNAN PEROLEHAN SUARA PARTAI CHRISTIAN DEMOCRATIC UNION (CDU) DALAM PEMILU BUNDESTAG DI JERMAN TAHUN 2017. Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta.

[thumbnail of ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (363kB) | Preview
[thumbnail of COVER.pdf]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (108kB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (302kB) | Preview
[thumbnail of LEMBAR PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (229kB) | Preview

Abstract

Skripsi ini membahas tentang penurunan perolehan suara partai Christian Democratic Union (CDU) dalam pemilu Bundestag di Jerman tahun 2017. Pemilu Bundestag Jerman ke – 19 ini merupakan pemilu yang memberikan hasil tak terduga. Partai terbesar di Jerman, CDU, yang dipimpin langsung oleh Kanselir Jerman, Angela Merkel, untuk pertama kalinya mengalami penurunan suara terbanyak sepanjang sejarah karir politiknya di Jerman. Sedangkan partai sayap kanan Jerman, Alternative für Deutschland (AfD) untuk pertama kalinya dalam sejarah mampu melewati ambang batas suara 5% dan mampu menduduki parlemen Bundestag dengan 92 anggota. Skripsi ini menggunakan teori krisis legitimasi yang menjelaskan mengenai berkurangnya kepercayaan masyarakat terhadap pemerintah.
Hasil dari penulisan skripsi ini menunjukkan bahwa kepemimpinan Angela Merkel di Jerman diuji melalui adanya krisis pengungsi yang melanda Eropa di tahun 2015. Janji Angela Merkel untuk membawa Jerman bertahan dalam krisis tidak bisa sepenuhnya ditepati. Sebagai pemimpin partai terbesar Jerman, sikap dan tindakan yang dilakukan Angela Merkel dilihat masyarakat sebagai perwakilan dari partai CDU, sehingga berkurangnya kepercayaan masyarakat Jerman terhadap Angela Merkel berpengaruh besar bagi perolehan suara partai CDU dalam pemilu Bundestag tahun 2017.
Kata kunci: Jerman, Krisis Pengungsi, Krisis Legitimasi, Angela Merkel, Christian Democratic Union (CDU), Alternative für Deutschland (AfD).

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Eko Yuli
Date Deposited: 02 Jul 2019 03:04
Last Modified: 11 Aug 2023 02:59
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/20071

Actions (login required)

View Item View Item