RESPON PLANLET PISANG RAJA BULU (Musa paradisiaca L.) TERHADAP KOMPOSISI MEDIA TANAM DAN KONSENTRASI THIAMIN PADA SAAT AKLIMATISASI

Pinandhita, Nurwandha (2019) RESPON PLANLET PISANG RAJA BULU (Musa paradisiaca L.) TERHADAP KOMPOSISI MEDIA TANAM DAN KONSENTRASI THIAMIN PADA SAAT AKLIMATISASI. Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta.

[thumbnail of ABSTRAK .pdf]
Preview
Text
ABSTRAK .pdf

Download (11kB) | Preview
[thumbnail of COVER.pdf]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (82kB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (38kB) | Preview
[thumbnail of LEMBAR PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of daftar pustaka.pdf] Text
daftar pustaka.pdf

Download (129kB)

Abstract

Tanaman pisang yang dibudidayakan secara intensif dengan menerapkan teknologi yang benar dapat memberikan keuntungan yang tinggi dan mampu bersaing dengan tanaman yang lain, salah satunya adalah dengan menggunakan teknik kultur jaringan dan aklimatisasi pada tahap akhirnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui interaksi antara media tanam dan konsentrasi thiamin serta mengetahui media tanam dan konsentrasi thiamin yang terbaik untuk keberhasilan aklimatisasi pisang raja bulu. Metode penelitian yang digunakan adalah Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan dua faktor. Faktor pertama adalah kombinasi media tanam yaitu kompos + pasir (1 : 1), kompos + pasir (1 : 2), dan kompos + pasir (2 : 1). Faktor kedua adalah konsentrasi thiamin 1 ml/L, 2 ml/L, dan 3 ml/L. Hasil penelitian menunjukkan tidak terdapat interaksi antara perlakuan komposisi media tanam dan konsentrasi thiamin terhadap pertumbuhan planlet pisang Raja Bulu pada saat aklimatisasi. Media tanam paling baik untuk aklimatisasi tanaman pisang Raja Bulu adalah campuran kompos dan pasir (1 : 1) pada parameter tinggi tanaman. Konsentrasi thiamin 1 ml/L, 2 m/L, dan 3 ml/L menunjukkan hasil yang sama baik terhadap pertumbuhan tanaman pisang Raja Bulu pada tahap aklimatisasi.
Kata kunci : Pisang Raja Bulu, Media Tanam, Thiamin, Aklimatisasi

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Pisang Raja Bulu, Media Tanam, Thiamin, Aklimatisasi
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Faculty of Medicine, Health and Life Sciences > School of Biological Sciences
Depositing User: Eko Yuli
Date Deposited: 02 Jul 2019 02:56
Last Modified: 17 Jan 2024 00:55
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/20069

Actions (login required)

View Item View Item