SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN TINDAKAN MEDIS TERHADAP BAYI BARU LAHIR BERDASARKAN SKOR APGAR DENGAN METODE SMART (SIMPLE MULTI-ATTRIBUTE RATING TECHNIQUE)

Miranda, Cintya Poppy (2019) SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN TINDAKAN MEDIS TERHADAP BAYI BARU LAHIR BERDASARKAN SKOR APGAR DENGAN METODE SMART (SIMPLE MULTI-ATTRIBUTE RATING TECHNIQUE). Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta.

[thumbnail of ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (7kB) | Preview
[thumbnail of COVER.pdf]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (430kB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of HALAMAN PENGESAHAN PEMBIMBING.pdf]
Preview
Text
HALAMAN PENGESAHAN PEMBIMBING.pdf

Download (321kB) | Preview

Abstract

Bidan adalah tenaga profesional dalam dunia kesehatan yang bertugas memberikan asuhan dan nasihat terhadap ibu hamil. Bidan juga membantu dalam proses persalinan serta bertanggung jawab atas tindakan medis terhadap bayi baru lahir. Pada bayi baru lahir yang dilakukan bidan pertama kalinya adalah mengetahui keadaan bayi tersebut apakah normal, asfiksia ringan, atau asfiksia berat. Sebelum bidan mengetahui keadaan bayi tersebut, bidan terlebih dahulu mengecek keaadaan bayi baru lahir menggunakan skor APGAR (Appearance, Pulse, Grimace, Activity, dan Respiration), setelah mengetahui skor APGAR dan keadaan bayi normal atau asfiksia kemudian dapat ditentukan tindakan medis terhadap bayi baru lahir tersebut.
Metodologi yang dipakai untuk penelitian ini yaitu metode pengembangan waterfall. Sistem Pendukung Keputusan ini menggunakan perhitungan berdasarkan skor APGAR dan dikombinasikan dengan metode SMART (Simple Multi-Attribute Rating Technique) dalam menentukan hasil akhir. Pembuatan Sistem Pendukung Keputusan ini berbasis web ini menggunakan software Notepad++, MySQL sebagai penyimpan database dan menggunakan bahasa pemrograman PHP.
Penelitian ini menghasilkan Sistem Pendukung Keputusan Tindakan Medis Terhadap Bayi Baru Lahir Berdasarkan Skor APGAR Dengan Metode SMART (Simple Multi-Attribute Rating Technique) sehingga dapat membantu para bidan untuk mengetahui keadaan bayi baru lahir norlmal, asfiksia ringan dan asfiksia berat sehingga dapat dengan cepat menentukan dan melakukan tindakan medis terhadap bayi varu lahir berdasarkan keadaan bayi tersebut. Hak akses sistem ini hanya satu yaitu user admin/bidan. Bidan dapat mengakses seluruh sistem ini, dan dapat menggunakan fitur olah data pada data bidan, data bayi, data kriteria, data penanganan dan data rekam medis.
Kata Kunci : Sistem Pendukung Kputusan, Skor APGAR, Bayi Baru Lahir, Metode SMART (Simple Multi-Attribute Rating Technique).

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Eko Yuli
Date Deposited: 01 Jul 2019 08:17
Last Modified: 11 Sep 2023 06:20
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/20061

Actions (login required)

View Item View Item