PENGARUH UKURAN PERUSAHAAN DAN PROFITABILITAS TERHADAP KEBIJAKAN HUTANG SERTA DAMPAKNYA PADA NILAI PERUSAHAAN (Studi pada perusahaan BUMN non-Bank yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2013-2017)

Putra, M. Ahzar Yanuarga (2019) PENGARUH UKURAN PERUSAHAAN DAN PROFITABILITAS TERHADAP KEBIJAKAN HUTANG SERTA DAMPAKNYA PADA NILAI PERUSAHAAN (Studi pada perusahaan BUMN non-Bank yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2013-2017). Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta.

[thumbnail of ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (87kB) | Preview
[thumbnail of COVER.pdf]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (269kB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (86kB) | Preview
[thumbnail of HALAMAN PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (291kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari ukuran perusahaan dan profitabilitas terhadap Kebijakan hutang serta dampaknya terhadap nilai perusahaan secara langsung maupun tidak langsung.. Jenis penelitian ini ialah explanatory research. Teknik Pengambilan sampel yang digunakan ialah purposive sampling. Populasi pada penelitian ini ialah sebanyak 20 perusahaan dan setelah diseleksi melalui kriteria yang telah ditentukan peneliti, maka ditemukan jumlah sampel sebanyak 9 perusahaan. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan Partial Least Square (PLS) berbasis Structural Equation Modelling (SEM).
Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa ukuran perusahaan (X1) berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan (Y) dengan t-hitung sebesar 2.931 > t-tabel 1.96, profitabilitas (X2) tidak berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan (Y) dengan t-hitung sebesar 1.668 < t-tabel 1.96, ukuran perusahaan (X1) berpengaruh terhadap kebijakan hutang (Z) dengan t-hitung sebesar 6.351 > t-tabel 1.96, profitabilitas (X2) berpengaruh signifikan terhadap kebijakan hutang (Z) dengan t-hitung sebesar 10.908 > t-tabel 1.96, dan kebijakan hutang (Z) berpengaruh signifikn terhadap nilai perusahaan (Z) dengan t-hitung sebesar 2.000 > t-tabel 1.96.
Saran dari penelitian ini ditujukan untuk dua pihak yang berkepentingan yaitu investor dan perusahaan yang diteliti. Bagi investor disarankan untuk mempertimbangkan nilai perushaan sebagai salah satu dasar keputusan investasi. Bagi perusahaan disarankan untuk semakin memperhatikan jumlah hutang, total asset/aktiva dan labanya agar mendapat manfaat dari penggunaan hutang tersebut sehingga nilai perusahaan akan meningkat dan pemegang saham semakin sejahtera.
Kata Kunci : Ukuran Perusahaan, Profitabilitas, Kebijakan Hutang, Nilai Perusahaan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Eko Yuli
Date Deposited: 01 Jul 2019 08:13
Last Modified: 03 May 2023 01:49
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/20060

Actions (login required)

View Item View Item