RE-EVALUASI PENANGGULANGAN WELL KICK DENGAN METODE DRILLER PADA SUMUR “RI-1” LAPANGAN “MERDEKA” PT. PERTAMINA EP

BOLLEY, RYAN PRATAMA (2019) RE-EVALUASI PENANGGULANGAN WELL KICK DENGAN METODE DRILLER PADA SUMUR “RI-1” LAPANGAN “MERDEKA” PT. PERTAMINA EP. Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta.

[thumbnail of 2. Ringkasan.pdf]
Preview
Text
2. Ringkasan.pdf

Download (76kB) | Preview
[thumbnail of 3. Cover.pdf]
Preview
Text
3. Cover.pdf

Download (186kB) | Preview
[thumbnail of 5. Lembar Pengesahan.pdf]
Preview
Text
5. Lembar Pengesahan.pdf

Download (233kB) | Preview
[thumbnail of 6. Daftar Isi.pdf]
Preview
Text
6. Daftar Isi.pdf

Download (218kB) | Preview
[thumbnail of 1.-Skripsi-Full.pdf] Text
1.-Skripsi-Full.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Pemboran sumur “RI-1” di Lapangan “MERDEKA” direncanakan akan dibor hingga kedalaman terakhir mencapai 3608 ft (TD). Target pemboran pada sumur ini adalah Formasi Baturaja. Pemboran sumur “RI-1” ini bertujuan untuk menambah perolehan hidrokarbon di Lapangan “MERDEKA”. Pada saat pemboran sumur “RI-1” trayek 8 ½” terjadi problem well kick di kedalaman 2701.408 ft TVD. Problem well kick ini harus diatasi dengan baik agar tidak terjadi blow out.
Penanggulangan well kick pada sumur “RI-1” dilakukan dengan metode driller, yaitu metode dua kali sirkulasi dimana sirkulasi pertama untuk mengeluarkan fluida kick dari dalam lubang bor dengan lumpur lama dan sirkulasi kedua untuk mematikan sumur. Langkah-langkah evaluasi penanggulangan well kick dengan metode driller yaitu tekanan hidrostatik lumpur saat terjadi well kick, menghitung tekanan formasi saat terjadi well kick, densitas lumpur baru (kill mud weigth), jumlah sack barite yang ditambahkan, jumlah stroke pompa yang diperlukan saat penanggulangan kick (pump stroke surface to surface), total waktu penanggulangan well kick dan nilai shut in Drillpipe Pressure setelah penanggulangan well kick, melakukan evaluasi dengan cara membandingkan hasil perhitungan dengan data pelaksanaan di lapangan, menyimpulkan hasil evaluasi.
Dari hasil perhitungan penanggulangan well kick didapatkan hasil tekanan hidrostatik yang dihasilkan sebesar 1943 psi sehingga tekanan hidrostatik dapat menahan tekanan formasi sebesar 1943 psi. Densitas lumpur baru sebesar 13.83 ppg. Jumlah sack barite yang ditambahkan untuk membuat lumpur baru sebesar 918.8 sack. Total stroke pompa yang dibutuhkan untuk memompakan lumpur sebesar 908 strokes, dengan lama pemompaan selama 37 menit. Well kick berhasil ditanggulangi yang ditandai dengan tidak adanya aliran di annulus pada saat pompa lumpur dimatikan dan harga SIDP yang menunjukkan nilai 0. Pelaksanaan penanggulangan well kick dengan menggunakan metode driller sudah optimum.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Eko Yuli
Date Deposited: 01 Jul 2019 06:42
Last Modified: 17 Mar 2023 06:21
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/20057

Actions (login required)

View Item View Item