KAJIAN TEKNIS KINERJA ALAT GALI MUAT DAN ALAT ANGKUT UNTUK MENCAPAI SASARAN PRODUKSI BATUANDESIT DI CV. JATI KENCANA KABUPATEN SEMARANG JAWA TENGAH

BUSHTANUL RD, BUSHTANUL RD (2019) KAJIAN TEKNIS KINERJA ALAT GALI MUAT DAN ALAT ANGKUT UNTUK MENCAPAI SASARAN PRODUKSI BATUANDESIT DI CV. JATI KENCANA KABUPATEN SEMARANG JAWA TENGAH. Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (111kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (70kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Halaman Pengesahan.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Ringkasan.pdf

Download (53kB) | Preview

Abstract

CV. Jati Kencana merupakan perusahaan yang bergerak di bidang industri pertambangan batu andesit yang terletak di Kelurahan Karangjati, Kecamatan Bergas, Kabupaten Semarang, Provinsi Jawa Tengah. Penambangan batuandesit saat ini dilakukan menggunakan Backhoe Caterpilar 329 D sebagai alat muat, dan Dump Truck MITSUBISHI FUSO 220PS sebagai alat angkut. Permasalahan yang terjadi saat ini adalah belum tercapainya target produksi batuandesit sebesar 1.100 ton/hari dari front penambangan ke crusher. Produksi nyata yang dihasilkan oleh perusahaan sebesar 876 ton/hari, sedangkan produksi perhitungan saat ini yang di dapat sebesar 1.014 ton/hari pada alat muat, dan 873 ton/hari pada alat angkut. Hal ini disebabkan karena rendahnya waktu kerja efektif akibat dari hambatan-hambatan yang ada sehingga efisiensi kerja alat menjadi rendah. Dari hasil penelitian di lapangan dari rangkaian-rangkaian yang mempengaruhi produksi di lapangan, produksi dapat ditingkatkan dengan melakukan perbaikan waktu kerja efektif yang digunakan. Efisiensi kerja saat ini, yaitu 70 % pada excavator Caterpillar CAT 329 D, dan 65 % pada dump truck Mitsubishi Fuso 220 PS. Dengan melakukan perbaikan waktu kerja dan pemilihan waktu yang sesuai dengan target produksi, maka efisiensi kerja alat mekanis menjadi 77% pada Excavator Caterpillar CAT 329 D, dan 75% pada dump truck Mitsubishi Fuso 220 PS. Dengan pemilihan yang tepat pada efisiensi kerja alat mekanis, Produksi alat muat menjadi 1.113 ton/hari dan produksi alat angkut meningkat menjadi 1.006 ton/hari. Meskipun melakukan pemilihan waktu kerja yang sesuai, namun waktu kerja alat mekanis produksi alat angkut belum mencukupi untuk memenuhi peningkatan kebutuhan batuandesit sebesar 1.100 ton/hari, sehingga perlu adanya penambahan curah bucket dari 9 menjadi 10 curah bucket. Produksi alat angkut meningkat dengan adanya penambahan curah bucket sebesar 1.118 ton/hari.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Eko Yuli
Date Deposited: 01 Jul 2019 02:51
Last Modified: 01 Jul 2019 02:51
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/20045

Actions (login required)

View Item View Item