PENDUGAAN NILAI HERITABILITAS DAN KEMAJUAN SELEKSI TONGKOL KE BARIS (EAR TO ROW) PADA POPULASI JAGUNG (Zea mays L.) GENERASI S1

Jayanti, Mega Syafa’ah Nur (2019) PENDUGAAN NILAI HERITABILITAS DAN KEMAJUAN SELEKSI TONGKOL KE BARIS (EAR TO ROW) PADA POPULASI JAGUNG (Zea mays L.) GENERASI S1. Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta.

[thumbnail of 2. Abstrak.pdf]
Preview
Text
2. Abstrak.pdf

Download (74kB) | Preview
[thumbnail of 3. Cover.pdf]
Preview
Text
3. Cover.pdf

Download (39kB) | Preview
[thumbnail of 4. Lembar Pengesahan.pdf]
Preview
Text
4. Lembar Pengesahan.pdf

Download (543kB) | Preview
[thumbnail of 5. Daftar Isi.pdf]
Preview
Text
5. Daftar Isi.pdf

Download (16kB) | Preview

Abstract

Jagung (Zea mays L.) merupakan salah satu dari tiga tanaman sereal utama di dunia yang menempati posisi penting karena pemanfaatannya yang luas. Upaya Indonesia mencapai swasembada jagung mulai tahun 2017 sebanyak 24,8 juta ton salah satunya dapat dilakukan dengan menyediakan varietas-varietas jagung yang memiliki potensi hasil yang tinggi yaitu varietas hibrida. Seleksi galur-galur generasi awal yang sesuai dengan target pengembangan merupakan salah cara yang cukup efektif untuk memperbesar kemajuan seleksi dan mempercepat perolehan varietas yang diinginkan. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui nilai duga heritabilitas dan kemajuan seleksi tongkol ke baris (ear to row) pada populasi jagung generasi S1. Penelitian ini dilaksanakan di Kebun Percobaan Fakultas Pertanian UPN “Veteran” Yogyakarta, Desa Wedomartani, Ngemplak, Sleman, D.I. Yogyakarta pada bulan Januari - April 2019. Penelitian ini menggunakan faktor tunggal yang disusun dalam Rancangan Acak Kelompok (RAK). Perlakuan yang digunakan yaitu 20 genotip jagung generasi S1. Setiap perlakuan menggunakan 30 tanaman dan diulang tiga kali. Intensitas seleksi yang digunakan yaitu 10%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa genotip TBP-5.3 memberikan hasil terbaik pada parameter umur berbunga jantan, umur berbunga betina, bobot biji per tongkol dan jumlah biji per tongkol. Parameter yang memiliki nilai heritabilitas tinggi meliputi umur berbunga jantan (0,96), umur berbunga betina (0,95), tinggi tanaman (0,93), diameter batang (0,58), diameter tongkol (0,53), bobot biji per tongkol (0,72) dan jumlah biji per tongkol (0,76). Parameter yang memiliki nilai duga kemajuan seleksi tinggi yaitu parameter tinggi tanaman (24,53%), bobot biji per tongkol (30,72%) dan jumlah biji per tongkol (22,25%).
Kata Kunci : jagung, seleksi tongkol ke baris, heritabilitas, kemajuan seleksi

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Faculty of Medicine, Health and Life Sciences > School of Biological Sciences
Depositing User: Eko Yuli
Date Deposited: 01 Jul 2019 02:44
Last Modified: 22 Aug 2023 01:34
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/20043

Actions (login required)

View Item View Item