PENILAIAAN DAN PERBAIKAN SISTEM KERJA PACKING SAYURAN ORGANIK BERDASARKAN MACROERGONOMIC ORGANIZATIONAL QUESTIONNAIRE SURVEY (MOQS) (Studi Kasus : CV. Tani Organik Merapi, Sleman, Yogyakarta)

Wijaya, Irfan Syah Aji (2019) PENILAIAAN DAN PERBAIKAN SISTEM KERJA PACKING SAYURAN ORGANIK BERDASARKAN MACROERGONOMIC ORGANIZATIONAL QUESTIONNAIRE SURVEY (MOQS) (Studi Kasus : CV. Tani Organik Merapi, Sleman, Yogyakarta). Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta.

[thumbnail of ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (457kB) | Preview
[thumbnail of COVER.pdf]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (455kB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (489kB) | Preview
[thumbnail of Lembar pengesahan.pdf]
Preview
Text
Lembar pengesahan.pdf

Download (513kB) | Preview

Abstract

CV. Tani Organik Merapi Sleman, Yogyakarta, merupakan badan usaha yang bergerak di bidang agrobisnis organik, agrowisata dan jasa konsultan di bidang pertanian. CV. Tani Organik Merapi memasarkan hasil budidaya sayuran organik serta hasil dari mitra petani ke banyak supermarket yang ada di Yogyakarta. Namun terdapat kendala pada bagian packing yaitu sering terjadi bertambahnya waktu pengerjaan dari jam penyelesaian. Hal tersebut menandakan produktivitas dari pekerja packing perlu ditingkatkan lagi.
Tujuan penelitian adalah memberikan usulan perbaikan sistem kerja yang lebih baik kepada bagian packing di CV. Tani Organik Merapi dengan mengetahui pengaruh dari setiap komponen sistem kerja terhadap produktivitas kerja para pekerja. Komponen sistem kerja yang dimaksud yaitu kondisi organisasi, peralatan , personal pekerja, dan lingkungan. Adapun tools yang digunakan dalam pengidentifikasian dan penilaian terhadap pengaruh sistem kerja yaitu Macroergonomic Organizational Questionnaire Survey (MOQS) dengan analisis jalur. Setelah dilakukan pengidentifikasian dan penilaian, maka selanjutnya diberikan usulan perbaikan untuk meningkatkan produktivitas kerja.
Hasil penelitian diperoleh bahwa pengaruh komponen sistem kerja terhadap kenyamanan kerja di CV Tani Organik Merapi yaitu kondisi organisasi sebesar 2,7%; Peralatan sebesar 24,1%; faktor personal pekerja sebesar 0,9%; dan lingkungan sebesar 4,7%. Maka komponen sistem kerja yang berpengaruh secara signifikan terhadap produktivitas kerja adalah peralatan, yang berarti peralatan yang paling menentukan tingkat produktivitas pekerja. Adapun perbaikan sistem kerja yang dapat diusulkan terkait dengan personal adalah: melakukan perbaikan metode kerja operator dengan menata peralatan, dan lingkungan kerja menggunakan metode 5S, memberikan alternatif layout fasilitas kerja yang kemudian akan dianalisis dengan metode micromotion study menghindari kemungkinan terjadinya idle time yang akan menyebabkan terjadinya pemborosan aktivitas kerja operator.
Kata kunci: Sistem kerja, Macroergonomic Organizational Questionnaire Survey (MOQS), Micromotion study, Produktivitas, Metode 5S, Idle time

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Eko Yuli
Date Deposited: 01 Jul 2019 02:34
Last Modified: 15 Aug 2023 00:45
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/20040

Actions (login required)

View Item View Item