APLIKASI BERBASIS WEB DAN PHONEGAP ANDROID PRESENSI ASISTEN LABORATORIUM MENGGUNAKAN QR CODE PADA PROGRAM STUDI TEKNIK INFORMATIKA UNIVERSITAS PEMBANGUNAN NASIONAL “VETERAN” YOGYAKARTA

Pratama, Firman Erza (2019) APLIKASI BERBASIS WEB DAN PHONEGAP ANDROID PRESENSI ASISTEN LABORATORIUM MENGGUNAKAN QR CODE PADA PROGRAM STUDI TEKNIK INFORMATIKA UNIVERSITAS PEMBANGUNAN NASIONAL “VETERAN” YOGYAKARTA. Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta.

[thumbnail of ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (114kB) | Preview
[thumbnail of COVER.pdf]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (252kB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (322kB) | Preview
[thumbnail of HALAMAN PENGESAHAN PEMBIMBING.pdf]
Preview
Text
HALAMAN PENGESAHAN PEMBIMBING.pdf

Download (217kB) | Preview

Abstract

Program Studi Teknik Informatika merupakan salah satu program studi yang ada di Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Yogyakarta. Program Studi Teknik Informatika memiliki kegiatan berupa kegiatan praktikum. Kegiatan praktikum yang dilakukan adalah kegiatan ajar mengajar antara asisten laboratorium dan praktikan. Dalam kegiatan prakikum ada presensi yang ditujukan untuk praktikan atau peserta praktikum. Presensi bertujuan untuk mengetahui apakah praktikan tersebut masuk kegiatan praktikum atau tidak. Sampai saat ini di Program Studi Teknik Informatika Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Yogyakarta belum memiliki presensi untuk asisten laboratorium. Karena tidak ada presensi untuk asisten laboratorium terdapat masalah – masalah seperti asisten datang terlambat, asisten tidak datang atau asisten digantikan oleh asisen lain. Masalah lain yang muncul akibat masalah ini adalah masalah dalam perhitungan honor asisten.
QR code adalah suatu jenis kode matriks atau kode batang dua dimensi yang dikembangkan oleh Denso Wave, sebuah divisi Denso Corporation yang merupakan sebuah perusahaan Jepang dan dipublikasikan pada tahun 1994. Dengan membuat aplikasi presensi menggunakan QR code, diharapkan dapat membantu admin dalam memantau kegiatan praktikum serta membantu admin dalam melakukan perhitungan honor. Aplikasi untuk presensi terdiri dari dua platform yaitu aplikasi berbasis web dan aplikasi android menggunakan phonegap. Aplikasi web akan menampilkan jadwal yang tersedia dan akan dilakukan proses generate atau encoding data jadwal ke bentuk QR code dan aplikasi android sebagai QR code scanner untuk membaca data QR code.
Hasil yang didapatkan adalah aplikasi ini dapat merekam data presensi yang dilakukan oleh asisten, perhitungan honor juga dapat dilakukan berdasarkan total presensi yang dilakukan asisten. Aplikasi ini juga telah melalui pengujian black box yaitu pengujian alpha dan beta test. Memiliki presentase 50,71% dengan nilai sangat baik pada alpha test aplikasi ini dapat disimpulkan layak untuk dilakukan beta test, dengan presentase 56,84% dengan jawaban sangat setuju pada beta test maka aplikasi ini dapat disimpulkan aplikasi ini memenuhi kebutuhan pengguna akhir.
Kata Kunci : Android, Aplikasi, Honor, PhoneGap, Presensi, QR code

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Eko Yuli
Date Deposited: 01 Jul 2019 02:29
Last Modified: 05 Sep 2023 03:16
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/20039

Actions (login required)

View Item View Item