PENGARUH IKLIM ORGANISASI DAN HUMAN RELATIONS TERHADAP MOTIVASI KERJA SERTA DAMPAKNYA PADA DISIPLIN KERJA KARYAWAN (Studi Pada Karyawan PT. Mandiri Jogja Internasional)

RAHMAWATI, CYNDHIANA DESY (2019) PENGARUH IKLIM ORGANISASI DAN HUMAN RELATIONS TERHADAP MOTIVASI KERJA SERTA DAMPAKNYA PADA DISIPLIN KERJA KARYAWAN (Studi Pada Karyawan PT. Mandiri Jogja Internasional). Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta.

[thumbnail of ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of COVER.pdf]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (170kB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of LEMBAR PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (335kB) | Preview
[thumbnail of SKRIPSI-FULL-CYNDHI.pdf] Text
SKRIPSI-FULL-CYNDHI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh iklim organisasi dan human relations terhadap motivasi kerja serta dampaknya pada disiplin kerja. Penelitian ini menggunakan tipe explanatory research. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh karyawan PT. Mandiri Jogja Internasional di Yogyakarta. Ukuran sampel pada penelitian ini 58 responden. Teknik sampling yang digunakan adalah Proportional unstratified random sampling. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial. Analisis statistik inferensial yang menggunakan metode statistik partial least square dengan bantuan aplikasi SEM-PLS 3.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa iklim organisasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap disiplin kerja, human relations berpengaruh positif dan signifikan terhadap disiplin kerja, iklim organisasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap motivasi kerja, human relations berpengaruh positif dan signifikan terhadap motivasi kerja, iklim organisasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap disiplin kerja melalui motivasi kerja, human relations berpengaruh positif dan signifikan terhadap disiplin kerja melalui motivasi kerja, dan motivasi kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap disiplin kerja.
Berdasarkan hasil penelitian perusahaan diharapkan mampu mempertahankan bahkan meningkatkan suasana kerja yang kondusif di lingkungan perusahaan sehingga menimbulkan karyawan semakin betah dan nyaman berada di perusahaan. Perusahaan perlu menjaga interaksi yang terjadi pada perusahaan baik antar karyawan maupun dengan atasan untuk menghilangkan hambatan komunikasi, meniadakan salah pengertian dan memecahkan masalah pribadi sehingga menimbulkan adanya suasana harmonis dalam bekerja. Perusahaan senantiasa mendorong karyawan agar memiliki semangat kerja seperti, dengan memberlakukan sitem reward dan punishment yang jelas dan benar-benar dijalankan oleh perusahaan sehingga dapat menjadikan pelajaran bagi karyawan yang kurang disiplin. Bagi peneliti selanjutnya diharapkan dapat mengambangkan model ini dengan menambahkan variabel atau indikator lainnya yang belum digunakan dalam penelitian ini.
Kata kunci : Iklim Organisasi, Human Relations, Motivasi Kerja, dan Disiplin Kerja

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Eko Yuli
Date Deposited: 28 Jun 2019 02:57
Last Modified: 21 Mar 2023 02:09
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/20029

Actions (login required)

View Item View Item