PUSARAN HOAKS RATNA SARUMPAET DALAM BINGKAI MEDIA (ANALISIS FRAMING PEMBERITAAN KASUS HOAKS RATNA SARUMPAET PADA PORTAL BERITA DETIK.COM PERIODE 2 - 5 OKTOBER 2018)

Ervitasari, Bellinda Putri (2019) PUSARAN HOAKS RATNA SARUMPAET DALAM BINGKAI MEDIA (ANALISIS FRAMING PEMBERITAAN KASUS HOAKS RATNA SARUMPAET PADA PORTAL BERITA DETIK.COM PERIODE 2 - 5 OKTOBER 2018). Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta.

[thumbnail of 2. ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (186kB) | Preview
[thumbnail of 3. COVER.pdf]
Preview
Text
3. COVER.pdf

Download (219kB) | Preview
[thumbnail of 4. LEMBAR PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
4. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (410kB) | Preview
[thumbnail of 5. DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
5. DAFTAR ISI.pdf

Download (296kB) | Preview

Abstract

Hoaks kerap muncul bertepatan dengan momentum politik besar seperti pada suasana kampanye jelang Pemilihan Presiden. Kemunculannya sering disangkutpautkan dengan isu-isu lain dan dapat memicu konfrontasi di media sosial seperti ujaran kebencian, saling hujat dan merendahkan. Pada 2 Oktober 2018, kabar Ratna Sarumpaet dianiaya muncul dan dikaitkan sebagai upaya menjatuhkan kubu lain setelah beberapa rekan politiknya menggaungkan kabar tersebut. Tidak butuh waktu lama bagi kepolisian untuk menguak kebenaran dibalik kasus tersebut yang ternyata hanya hoaks belaka. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah bagaimana portal berita daring Detik.com membingkai, menyeleksi dan menonjolkan pemberitaan mengenai kasus hoaks yang dilakukan oleh Ratna Sarumpaet. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui struktur sintaksis portal berita daring detik.com melalui penulisan berita kasus hoaks Ratna Sarumpaet, mengetahui cara wartawan mengisahkan fakta (skrip) yang digunakan Detik.com dengan merujuk kepada visi dan misinya dalam memberikan penekanan kasus hoaks Ratna Sarumpaet, mengetahui struktur tematik, dengan mengidentifikasi sejauh mana keterlibatan media Detik.com dalam pemberitaan kasus hoaks Ratna Sarumpaet dan untuk mengetahui struktur retoris dengan mengidentifikasi penekanan fakta pada kasus hoaks Ratna Sarumpaet. Metode penelitian yang di pakai ialah metode penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui teknik penelusuran data melalui media daring serta dengan mengkaji dokumen dan arsip. Analisis yang digunakan adalah analisis framing milik Zhongdang Pan dan Gerald M. Kosicki. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Detik.com lebih fokus kepada kecepatan dan intensitas berita agar trafik situsnya tinggi, pengunjungnya banyak dan pembacanya ramai. Trafik berpengaruh pada penghasilan, penghasilan berpengaruh kepada hubungan baik dengan para pemegang saham.
Kata Kunci: Framing, Media Daring, Hoaks, Ratna Sarumpaet

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Eko Yuli
Date Deposited: 28 Jun 2019 02:30
Last Modified: 14 Aug 2023 01:39
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/20023

Actions (login required)

View Item View Item