PERBANDINGAN PERSAMAAN LEAST SQUARE METHOD DAN PERSAMAAN MULTI EXPRESSION PROGRAMMING (MEP) DALAM PREDIKSI PRODUKSI SUMUR MINYAK

Rosyida, Fitwatur Adelia (2019) PERBANDINGAN PERSAMAAN LEAST SQUARE METHOD DAN PERSAMAAN MULTI EXPRESSION PROGRAMMING (MEP) DALAM PREDIKSI PRODUKSI SUMUR MINYAK. Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta.

[thumbnail of ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (10kB) | Preview
[thumbnail of COVER.pdf]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (167kB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (67kB) | Preview
[thumbnail of HALAMAN PENGESAHAN PEMBIMBING.pdf]
Preview
Text
HALAMAN PENGESAHAN PEMBIMBING.pdf

Download (443kB) | Preview

Abstract

Minyak bumi memegang peran penting sebagai salah satu sumber energi utama di Indonesia. Minyak bumi merupakan salah satu Sumber Daya Alam (SDA) yang sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari pada berbagai sektor baik sektor industri maupun sektor transportasi. Tidak dapat dipungkiri bahwa permintaan pasar guna memenuhi kebutuhan akan minyak bumi semakin hari semakin meningkat. Hal ini berbanding terbalik dengan jumlah cadangan terbukti yang kian hari kian menurun. Ketepatan strategi dalam kegiatan produksi minyak bumi sangat berpengaruh dalam berbagai aspek terutama tingkat keekonomian suatu produksi. Maka dari itu suatu oil company selalu mencoba untuk dapat memperhitungkan pendapatan merka sebelum melakukan suatu proyek pengembangan lapangan salah satunya dengan memperhatikan perkiraan produksi yang akan didapat. Banyak metode konvensional yang digunakan untuk menghitung perkiraan produksi sumur minyak seperti Decline Curve Analys, Material Balance, Least Square , Moving Average dan masih banyak metode konvensional lainnya. Salah satu metode yang dianggap cukup praktis untuk diterapkan dilapangan dalam memperkirakan jumlah produksi sumur minyak adalah least square. Perhitungan menggunakan least square cukup praktis karena dengan hanya menggunakan data history produksi yang ada dapat memperkirakan jumlah produksi kedepanya. Berbeda dengan metode konvensional lainnya yang memperhatikan faktor-faktor eksternal lainnya seperti kondisi surface , tekanan dan juga faktor eksternal lainnya. Maka dari itu dibandingkan lah hasil dari perhitungan menggunakan least square dan MEP yang mana perhitungan keduanya menggunakan data history produksi yang ada. Dari hasil pengujian didapatkan nilai penyimpangan yang dihasilkan oleh persamaan MEP cenderung lebih kecil dibandingkan dengan yang dihasilkan oleh least square.
Kata Kunci: Peramalan, Data Produksi, Teknik Perminyakan, Least Square, MEP

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Eko Yuli
Date Deposited: 28 Jun 2019 02:27
Last Modified: 05 Sep 2023 02:17
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/20022

Actions (login required)

View Item View Item