PERENCANAAN PEMILIHAN ALAT MUAT DAN KEBUTUHAN ALAT ANGKUT PADA PENGUPASAN MATERIAL TANAH PENUTUP DI PT. ANEKA TAMBANG KECAMATAN POMALAA, KABUPATEN KOLAKA PROVINSI SULAWESI TENGGARA

ZAHRANI MALAKA, FATIMAH (2019) PERENCANAAN PEMILIHAN ALAT MUAT DAN KEBUTUHAN ALAT ANGKUT PADA PENGUPASAN MATERIAL TANAH PENUTUP DI PT. ANEKA TAMBANG KECAMATAN POMALAA, KABUPATEN KOLAKA PROVINSI SULAWESI TENGGARA. Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
2. Abstrak.pdf

Download (40kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. Cover.pdf

Download (74kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. Lembar Pengesahan.pdf

Download (963kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. Daftar Isi.pdf

Download (26kB) | Preview

Abstract

PT. Aneka Tambang (persero) Tbk UBPN Sultra merupakan salah satu perusahaan yang bergerak di bidang pertambangan. PT. Antam (Persero) Tbk. memiliki beberapa wilayah pertambangan dan beberapa jenis komoditas, salah satunya adalah komoditas nikel yang terletak di kecamatan Pomalaa, kabupaten Kolaka, Sulawesi Tenggara. Pengupasan material penutup dibagi menjadi dua, yaitu pengupasan top soil dan limonit. Masalah yang dihadapi saat ini adalah belum adanya perencanaan alat gali-muat dan alat angkut yang akan digunakan untuk pembukaan pit baru yaitu pit Wrangler khususnya untuk pengupasan lapisan penutup dengan target produksi sebesar 55.000 ton/ bulan. Perencanaan alat galimuat dilakukan dengan memilih salah satu alat-gali muat yang sudah ditawarkan oleh perusahaan, dilanjutkan dengan menentukan jumlah kebutuhan alat angkut. Setelah melakukan perencanaan alat, maka dibutuhkan rencana penjadwalan alat untuk pengupasan material top soil dan limonit yang harus dilakukan terpisah. Metode perencanaan yang dilakukan yaitu dengan cara menganalisis waktu edar dari alat gali-muat dan alat angkut. Dari data waktu edar dapat dihitung produktivitas alat gali-muat dan alat angkut serta produksi per bulannya. Setelah dilakukan analisis, perusahaan dapat memilih alat gali-muat yang akan digunakan, menentukan jumlah kebutuhan alat angkut serta penjadwalannya untuk pengupasan top soil dan limonit, dengan target pengupasan tanah penutup sebesar 55.000 ton/ bulan tercapai.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Eko Yuli
Date Deposited: 27 Jun 2019 07:22
Last Modified: 27 Jun 2019 07:22
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/20009

Actions (login required)

View Item View Item