PENERAPAN METODE AUTOREGRESSIVE INTEGRATED MOVING AVERAGE (ARIMA) UNTUK MEMPREDIKSI TINGKAT PENJUALAN MOBIL TOYOTA PADA PT. TOYOTA MOTOR MANUFACTURING INDONESIA

Sari, Laras Puspita (2019) PENERAPAN METODE AUTOREGRESSIVE INTEGRATED MOVING AVERAGE (ARIMA) UNTUK MEMPREDIKSI TINGKAT PENJUALAN MOBIL TOYOTA PADA PT. TOYOTA MOTOR MANUFACTURING INDONESIA. Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta.

[thumbnail of ABSTRAK_123140005_Laras Puspita Sari.pdf]
Preview
Text
ABSTRAK_123140005_Laras Puspita Sari.pdf

Download (65kB) | Preview
[thumbnail of Cover_123140005_Laras Puspita Sari.pdf]
Preview
Text
Cover_123140005_Laras Puspita Sari.pdf

Download (114kB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR ISI_123140005_Laras Puspita Sari.pdf]
Preview
Text
DAFTAR ISI_123140005_Laras Puspita Sari.pdf

Download (293kB) | Preview
[thumbnail of HALAMAN PENGESAHAN PEMBIMBING.pdf]
Preview
Text
HALAMAN PENGESAHAN PEMBIMBING.pdf

Download (211kB) | Preview
[thumbnail of daftar pustaka.pdf] Text
daftar pustaka.pdf

Download (79kB)

Abstract

Peran dari PT. Toyota Motor Manufacturing Indonesia adalah sebagai
produsen dan pengekspor produk dan suku cadang Toyota. Beberapa permasalahan
yang kerap muncul mengenai penjualan produk diantaranya adalah penumpukan
inden karena permintaan calon pembeli yang unpredictable sehingga menyebabkan
tidak adanya kepastian dari pihak Toyota kepada calon pembeli kapan mobil akan
sampai di tangan calon pembeli setelah terjadinya deal Surat Pemesanan Kendaraan
(SPK), selain itu perusahaan sulit mendapatkan informasi-informasi strategis
mengenai tingkat penjualan per-periode. Sehingga dibutuhkan suatu aplikasi
peramalan.
Aplikasi peramalan menggunakan teknik data mining untuk peramalan
penjualan (forecasting) dapat diketahui berapa kira-kira jumlah penjualan kendaran
untuk beberapa bulan kedepan. Metode yang digunakan adalah Autoregressive
Integrated Moving Average (ARIMA) dengan menggunakan data penjualan masa lalu
untuk melakukan prediksi. ARIMA dibagi menjadi tiga model yaitu Autoregressive
(AR), Moving Average (MA) dan Autoregressive Moving Average (ARMA).
Hasil dari penelitian ini adalah berupa aplikasi peramalan menggunakan
ARIMA untuk memprediksi tingkat penjualan mobil pada PT. Toyota Motor
Manufacturing Indonesia. Pengujian yang dilakukan menghasilkan angka 90% untuk
beta test dan 98% untuk alpha test.
Kata Kunci: Prediksi, Data Mining, Autoregressive Integrated Moving Average

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Prediksi, Data Mining, Autoregressive Integrated Moving Average
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Eko Yuli
Date Deposited: 27 Jun 2019 06:55
Last Modified: 19 Jan 2024 01:23
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/20007

Actions (login required)

View Item View Item