KAJIAN HIDROGEOLOGI DAN MINE DEWATERING SYSTEM PADA LUBANG BUKAAN BEKAS PENAMBANGAN BIJIH MANGAN DI DUSUN KLIRIPAN DESA HARGOREJO KECAMATAN KOKAP KABUPATEN KULONPROGO

TUSAK DIAH, HALIMAH (2019) KAJIAN HIDROGEOLOGI DAN MINE DEWATERING SYSTEM PADA LUBANG BUKAAN BEKAS PENAMBANGAN BIJIH MANGAN DI DUSUN KLIRIPAN DESA HARGOREJO KECAMATAN KOKAP KABUPATEN KULONPROGO. Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
ABSTRACT.pdf

Download (92kB) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER SKRIPSI.pdf

Download (199kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (38kB) | Preview

Abstract

Penelitian dilakukan di lubang bukaan bekas penambangan bijih mangan yaitu Vertikal Shaft (PPTM) dan Inclined Shaft (Sunoto) yang berlokasi di Dusun Kliripan, Desa Hargorejo, Kecamatan Kokap, Kabupaten Kulonprogo. Kedua lubang bukaan yang direncanakan akan menjadi objek geowisata dan praktek tambang bawah tanah mahasiswa teknik pertambangan. Penelitian ini dilakukan untuk mengkaji sumber air dan menghitung jumlah air pada kedua lubang bukaan serta mengkaji cara atau metode penanganan air. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu studi literatur, orientasi lapangan, pengambilan data primer meliputi pengukuran muka air tanah dan laju infiltrasi, serta kondisi topografi daerah penelitian, data sekunder meliputi data curah hujan, peta topografi, peta geologi, dan peta hidrogeologi. Selanjutnya yaitu pengolahan data, serta kajian hasil pengolahan data. Hasil penelitian yang diperoleh yaitu laju infiltrasi rata – rata 0,16 cm/min. Sumber air utama untuk lubang bukaan bekas tambang hanya berasal dari rembesan air tanah Q : 1,42 x 10-2 m3/det dan air yang berada pada kolom lubang bukaan V : 2.295 m3. Penanganan air tambang ada 2 tahap : tahap pertama yaitu pengeringan awal volume air yang dikeluarkan 3.528 m3. Waktu pemompaan 24 jam per hari berlangsung selama ± 1,3 Hari. Tahap kedua yaitu tahap penyaliran selanjutnya. Volume air yang dikeluarkan 50,87 m3/jam. Waktu pemompaan 24 jam/hari. Dimensi ceruk yang direkomendasikan berbentuk kubus dengan ukuran 2 m x 2 m x 2 m yang terletak pada titik pertemuan antara kedua lubang bukaan, dimana titik pertemuan tersebut merupakan titik terendah lubang bukaan yang terletak di elevasi 25 mdpl. Pompa yang dipilih untuk digunakan dengan spesifikasi : submersible pump merk Flygt 2840.180, Type B228, Head yang harus diatasi 57,38 m, Head maksimal yang dapat diatasi 80 m, dan debit pemompaan 0,014 m3/det.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Eko Yuli
Date Deposited: 27 Jun 2019 06:25
Last Modified: 27 Jun 2019 06:25
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/20000

Actions (login required)

View Item View Item