ANALISIS PENGELOLAAN KUALITAS AIR PADA LUBANG BEKAS TAMBANG (VOID) MENGGUNAKAN TANAMAN ECENG GONDOK (EICHORNIA CRASSIPES) KOMBINASI SUBSTRAT ORGANIK DI PT. PROLINDO CIPTA NUSANTARA

FRIDTRIYANDA, ASRI (2019) ANALISIS PENGELOLAAN KUALITAS AIR PADA LUBANG BEKAS TAMBANG (VOID) MENGGUNAKAN TANAMAN ECENG GONDOK (EICHORNIA CRASSIPES) KOMBINASI SUBSTRAT ORGANIK DI PT. PROLINDO CIPTA NUSANTARA. Masters thesis, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (107kB) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (65kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (479kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (241kB) | Preview

Abstract

PT. Prolindo Cipta Nusantara merupakan perusahaan yang bergerak di bidang pertambangan batubara dengan sistem tambang terbuka. Penambangan dengan sistem tambang terbuka akan meninggalkan lubang bekas tambang (void) di akhir kegiatan penambangan. Kualitas air yang mengisi lubang bekas tambang (void) bersifat asam (pH < 6). Berdasarkan Keputusan Menteri ESDM No. 1827 K/30/MEM/2018 Tentang Pedoman Pelaksanaan Kaidah Teknik Pertambangan Yang Baik pada lampiran VI menyatakan bahwa lubang bekas tambang (void) harus dilakukan pemulihan dan pengelolaan air. Salah satu cara pengelolaan air yaitu secara pasif dengan menggunakan Eceng Gondok (Eichornia sp) dan substrat organik Tujuan penelitian yaitu (1) menganalisa efektivitas perubahan kualitas air menggunakan eceng gondok dan substrat organik dan (2) menganalisa hasil pengelolaan kualitas air yang telah dikelola untuk peruntukan budidaya ikan air tawar. Hasil penelitian yang telah dilakukan mengenai analisis pengelolaan kualitas air dengan menggunakan Eceng Gondok dan Substrat Organik, yaitu sebagai berikut:  Perlakuan B merupakan perlakuan yang paling efektif dari semua perlakuan. Peningkatan pH dari 3,03 menjadi 6,01 pada hari ke-4, penurunan TSS dari 30 mg/l menjadi 5 mg/l pada hari ke-16, penurunan Fe dari 5,858 mg/l menjadi <0,033 pada hari ke-4 dan penurunan Mn dari 6,973 mg/l menjadi 1,914 mg/l pada hari ke-8.  Berdasarkan hasil perbandingan baku mutu kelas III air (pembudidayaan ikan air tawar) PP No. 82 Tahun 2001kualitas air hasil pengelolaan pada perlakuan B menunjukan ada 5 parameter yang tidak sesuai yaitu : TDS, BOD, COD, Nitrit dan Fosfat. Kata Kunci : teknik pengolahan pasif, eceng gondok, substrat organik, kualitas air.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Eko Yuli
Date Deposited: 27 Jun 2019 03:13
Last Modified: 27 Jun 2019 03:13
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/19994

Actions (login required)

View Item View Item