ANALISIS KONSUMSI BAHAN BAKAR ALAT ANGKUT KOMATSU HD 785-7 DAN CATERPILLAR CAT 777E PADA PENGANGKUTAN LAPISAN TANAH PENUTUP DI PIT ROTO TENGAH PT. KIDECO JAYA AGUNG KALIMANTAN TIMUR

PRIAMBODO, DANANG (2019) ANALISIS KONSUMSI BAHAN BAKAR ALAT ANGKUT KOMATSU HD 785-7 DAN CATERPILLAR CAT 777E PADA PENGANGKUTAN LAPISAN TANAH PENUTUP DI PIT ROTO TENGAH PT. KIDECO JAYA AGUNG KALIMANTAN TIMUR. Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
2. Abstrak.pdf

Download (389kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. cover.pdf

Download (219kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. Lembar Pengesahan.pdf

Download (260kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. Daftar Isi.pdf

Download (131kB) | Preview

Abstract

PT. Kideco Jaya Agung (PT. Kideco) adalah salah satu perusahaan di Indonesia yang memegang Perjanjian Karya Pengusahaan Pertambangan Batubara atau PKP2B. PT Kideco Jaya Agung terletak di Kecamatan Batu Sopang, Kabupaten Paser, Provinsi Kalimantan Timur. Sistem penambangan yang diterapkan adalah sistem tambang terbuka (Surface Mining) dengan metode penambangan strip mine. Alat mekanis yang digunakan dalam kegiatan penggalian dan pemuatan lapisan penutup yaitu Excavator Komatsu PC 2000, Caterpillar 6020, dan Caterpillar 6015, sedangkan alat angkut yang digunakan adalah jenis dump truck Komatsu HD 785-7 dan Caterpillar CAT 777E. Permasalah yang dihadapi saat ini rasio bahan bakar melebihi dari standar yang diharapkan perusahaan yakni 0,8 liter/Bcm pada salah satu alat angkut yang digunakan pada kegiatan pengangkutan tanah penutup serta adanya penggunaan dua merek alat angkut yaitu Komatsu HD 785-7 dan Caterpillar CAT 777E dengan kapasitas angkut yang sama namun jenis dan kapasitas mesin berbeda. Beberapa factor yang berpengaruh terhadap peningkatan konsumsi bahan bakar adalah beban kerja, geometri, kondisi jalan angkut, amblasan jalan, jarak tempuh, dan kapasitas masing-masing mesin alat angkut. Pengamatan aktual dilapangan didapatkan satu segmen jalan angkut dengan kemiringan melebihi standar perusahaan yaitu 8% serta empat segmen jalan yang memiliki amblasan jalan lebih dari 5 cm yang merupakan standar perkerasan jalan yang dianjurkan perusahaan. Konsumsi bahan bakar dan produksi aktual alat angkut Caterpillar CAT 777E ialah 64,15 Liter/jam dan 85,33 BCM/jam, untuk Komatsu HD 785-7 sebesar 75,45 Liter/jam dan 86,40 Bcm/jam. Sehingga Rasio bahan bakar aktual saat ini untuk Caterpillar CAT 777E ialah 0,75 Liter/Bcm dan Komatsu HD 785-7 hanya 0,87 Liter/Bcm dimana belum memenuhi standar yang diharapkan perusahaan. Konsumsi bahan bakar alat angkut Komatsu HD 785-7 dan Caterpillar CAT 777E berdasarkan perhitungan rimpull berbeda dengan data aktual yaitu sebesar 70,54 Liter/jam dan 57,92 Liter/jam. produksi teori berdasarkan pengamatan waktu edar untuk Komatsu HD 785-7 sebesar 879,41 BCM/jam dan Caterpillar CAT 777E yaitu 82,22 Bcm/jam, sedangkan untuk produksi berdasarkan perhitungan rimpull alat angkut untuk Komatsu HD 785-7 adalah 84,82 BCM/jam dan Caterpillar CAT 777E sebesar 86,39 BCM/jam. Setelah dilakukan perbaikan kondisi jalan angkut pada amblasan roda tidak lebih dari 5 cm pada permukaan jalan angkut dan kemiringan jalan angkut disesuaikan dengan standar perusahaan yaitu ≤ 8%, dan pengurangan waktu tunggu, sehingga rasio bahan bakar Komatsu HD 785-7 ialah 0,70 Liter/Bcm dan Caterpillar CAT 777E sebesar 0,61 Liter/Bcm, yang artinya telah memenuhi standar rasio bahan bakar yang diharapkan perusahaan. Kata Kunci : Target Produksi, Konsumsi Bahan Bakar, dan Ratio Bahan Bakar.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Eko Yuli
Date Deposited: 27 Jun 2019 02:03
Last Modified: 27 Jun 2019 02:03
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/19985

Actions (login required)

View Item View Item