KAJIAN TEKNIS RASIO BAHAN BAKAR ALAT ANGKUT DUMPTRUCK PADA PENGANGKUTAN LAPISAN PENUTUP DI PIT EF1 TAMBANG BATUBARA PT. GEO DUA PITO BULUNGAN KALIMANTAN UTARA

PUTRA, EZHA KURNIA (2019) KAJIAN TEKNIS RASIO BAHAN BAKAR ALAT ANGKUT DUMPTRUCK PADA PENGANGKUTAN LAPISAN PENUTUP DI PIT EF1 TAMBANG BATUBARA PT. GEO DUA PITO BULUNGAN KALIMANTAN UTARA. Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta.

[thumbnail of 2. Abstrak.pdf]
Preview
Text
2. Abstrak.pdf

Download (94kB) | Preview
[thumbnail of 3. Cover.pdf]
Preview
Text
3. Cover.pdf

Download (60kB) | Preview
[thumbnail of 4. Lembar Pengesahan.pdf]
Preview
Text
4. Lembar Pengesahan.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 5. Daftar isi.pdf]
Preview
Text
5. Daftar isi.pdf

Download (53kB) | Preview

Abstract

PT. Geo Dua Pito (PT. GDP) merupakan perusahaan swasta nasional yang
bergerak dibidang jasa pertambangan batubara. Perusahaan ini telah memperoleh
Izin Usaha Jasa Pertambangan (IUJP) Batubara di PT. Multi Jaya Energi (PT.
MJE), Kecamatan Tanjung Palas, Kabupaten Bulungan, Provisi Kalimantan
Utara. Pada pengupasan lapisan penutup, salah satu hal yang perlu diperhatikan
ialah pengangkutan lapisan tanah penutup oleh alat angkut dari loading point
menuju disposal.
Masalah yang dihadapi saat ini ialah mengurangi rasio bahan bakar
berlebih pada pengupasan lapisan penutup pada alat angkut Hino FM 260 JD pada
loading point Pit EF1 jobsite PT. MJE. Jarak pengangkutan menuju disposal ialah
sekitar 400 m. Hal yang berpengaruh pada tingkat konsumsi bahan bakar adalah
beban kerja alat, geometri, kondisi jalan angkut dan jarak tempuh pengangkutan
lapisan penutup menuju disposal. Berdasarkan pengamatan kondisi kerja aktual,
masih terdapat satu segmen jalan angkut dengan kemiringan yang melebihi
standar perusahaan yaitu 8%, kondisi jalan angkut banyak yang rusak dengan
amblasan roda antara 3-15 cm.
Konsumsi bahan bakar dan produksi aktual alat angkut Hino FM 260 JD
ialah 12,52 L/jam dan 32,38 BCM/jam. Sehingga Rasio bahan bakar aktual saat
ini ialah 0,39 L/BCM. Konsumsi bahan bakar alat angkut Hino FM 260 JD
berdasarkan perhitungan rimpull berbeda dengan data aktual yaitu sebesar 10,3
L/jam dan produksi teori berdasarkan pengamatan waktu edar sebesar 40,04
BCM/jam, sedangkan untuk produksi berdasarkan perhitungan rimpull alat angkut
adalah 44,24 BCM/jam.
Setelah dilakukan perbaikan kondisi jalan angkut pada amblasan roda
tidak lebih dari 3 cm pada permukaan jalan angkut dan kemiringan jalan angkut
disesuaikan dengan standar perusahaan yaitu ≤8%, sehingga bahan bakar dan
produksi alat angkut Hino FM 260 JD adalah 9,79 L/jam dan 48,4 BCM/jam.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Eko Yuli
Date Deposited: 27 Jun 2019 02:00
Last Modified: 14 Jun 2023 07:02
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/19984

Actions (login required)

View Item View Item