PENERAPAN BALANCED SCORECARD SEBAGAI ALAT PENGUKURAN KINERJA PADA BALAI KARANTINA PERTANIAN KELAS II YOGYAKARTA

Zain, Muhammad Kafi Fachrul (2019) PENERAPAN BALANCED SCORECARD SEBAGAI ALAT PENGUKURAN KINERJA PADA BALAI KARANTINA PERTANIAN KELAS II YOGYAKARTA. Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta.

[thumbnail of ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (3MB) | Preview
[thumbnail of COVER.pdf]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (3MB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (3MB) | Preview
[thumbnail of HAL PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
HAL PENGESAHAN.pdf

Download (3MB) | Preview
[thumbnail of SKRIPSI-FULL.pdf] Text
SKRIPSI-FULL.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengukur kinerja Balai Karantina Pertanian Kelas II Yogyakarta menurut empat perspektif balanced scorecard yang terdiri dari perspektif keuangan, perspektif pelanggan, perspektif proses bisnis internal, dan perspektif pembelajaran dan pertumbuhan. Penelitian ini dilakukan dengan mengumpulkan data selama 3 tahun, dimulai dari tahun 2016-2018. Data diperoleh melalui kuesioner, laporan keuangan tahunan, dan informasi lain yang terkait dengan Balai Karantina Pertanian Kelas II Yogyakarta. Pengukuran kinerja keuangan dilihat rasio ekonomi, efisiensi, dan efektivitas. Perspektif pelanggan diukur dengan kepuasan pelanggan. Pengukuran proses bisnis internal dilihat dari inovasi serta proses operasi, lalu untuk perspektif pembelajaran dan pertumbuhan diukur dari kepuasan karyawan, retensi karyawan, dan produktivitas karyawan. Hasil pengukuran kinerja rumah sakit menunjukkan bahwa kinerja keseluruhan Balai Karantina Pertanian Kelas II Yogyakarta sudah baik dilihat dari empat perspektif Balanced Scorecard.
Kata Kunci: Pengukuran Kinerja, Balanced Scorecard, Perspektif Keuangan, Perspektif Pelanggan, Perspektif Proses Bisnis Internal, Perspektif Pembelajaran dan Pertumbuhan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Eko Yuli
Date Deposited: 26 Jun 2019 08:42
Last Modified: 10 Jun 2022 07:01
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/19979

Actions (login required)

View Item View Item