PENENTUAN RUTE DAN CLUSTER DISTRIBUSI PRODUK MAKANAN DAN MINUMAN UNTUK MEMINIMASI ONGKOS DISTRIBUSI (Studi Kasus di PT Sukanda Djaya, Ring Road Utara, Maguwoharjo, Yogyakarta)

Febrawan, Aldhi (2019) PENENTUAN RUTE DAN CLUSTER DISTRIBUSI PRODUK MAKANAN DAN MINUMAN UNTUK MEMINIMASI ONGKOS DISTRIBUSI (Studi Kasus di PT Sukanda Djaya, Ring Road Utara, Maguwoharjo, Yogyakarta). Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
abstrak.pdf

Download (78kB) | Preview
[img]
Preview
Text
cover.pdf

Download (93kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar pustaka.pdf

Download (101kB) | Preview
[img]
Preview
Text
pengesahan.pdf

Download (737kB) | Preview

Abstract

PT Sukanda Djaya Yogyakarta merupakan salah satu perusahaan distributor produk makanan dan minuman di wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta. Terdapat tiga jenis produk yang didistribusikan oleh PT Sukanda Djaya yaitu produk frozen, cold, dan dry. Selama ini proses distribusi dalam menentukan rute tidak mempertimbangkan kondisi produk sesuai dengan karakteristiknya dan sistem cluster yang ada belum berjalan dengan optimal karena kurang fleksibel dalam menyesuaikan dengan permintaan konsumen dan berakibat pada banyaknya penggunaan kendaraan distribusi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Multi-Product Vehicle Routing Problem with Time Windows (MPVRPTW). Kondisi sistem distribusi pada PT Sukanda Djaya direpresentasikan kedalam model MPVRPTW dengan mempertimbangkan tujuan penelitian yaitu meminimasi total ongkos distribusi serta batasan sistem yaitu kapasitas, jumlah kendaraan tersedia, jarak, dan waktu. Model kemudian dioptimalkan menggunakan metode metaheuristik yaitu metode Genetic Algorithm (GA). Hasil penelitian menunjukkan bahwa kondisi rute dan cluster menjadi lebih fleksibel dengan mempertimbangkan permintaan konsumen. Hal tersebut berdampak pada mampu ditekannya estimasi total ongkos distribusi hingga sebesar 74% dari estimasi ongkos semula. Selain itu, proses perencanaan dapat dilakukan dengan mudah dengan bantuan program komputasi sehingga mampu memudahkan karyawan dalam melakukan perencanaan. Kata kunci: distribusi, makanan dan minuman, multi-product, vehicle routing problem, time windows, genetic algorithm

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Eny Suparny
Date Deposited: 27 Jun 2019 08:18
Last Modified: 27 Jun 2019 08:18
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/19968

Actions (login required)

View Item View Item