KERJASAMA PEMERINTAH INDONESIA DENGAN UNITED STATES AGENCY FOR INTERNATIONAL DEVELOPMENT (USAID) DALAM PROGRAM IUWASH DI KOTA SURAKARTA TAHUN 2012-2017

SURYANDARI, MONICA KUSUMA (2019) KERJASAMA PEMERINTAH INDONESIA DENGAN UNITED STATES AGENCY FOR INTERNATIONAL DEVELOPMENT (USAID) DALAM PROGRAM IUWASH DI KOTA SURAKARTA TAHUN 2012-2017. Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta.

[thumbnail of Abstrak.pdf]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (71kB) | Preview
[thumbnail of Daftar Isi.pdf]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (90kB) | Preview
[thumbnail of Halaman cover.pdf]
Preview
Text
Halaman cover.pdf

Download (96kB) | Preview
[thumbnail of Halaman Persetujuan Pembimbing dan Halaman Pengesahan.pdf]
Preview
Text
Halaman Persetujuan Pembimbing dan Halaman Pengesahan.pdf

Download (235kB) | Preview

Abstract

United States Agency for International Development (USAID) merupakan lembaga Pemerintah Amerika Serikat yang membantu berbagai upaya pencapaian prioritas pembangunan yang menjadi perhatian bersama bagi Indonesia dan Amerika Serikat sebagai bagian dari undang-undang tentang bantuan luar negeri Amerika tahun 1961. Pengerucutan kerjasama tersebut salah satunya terjalin dalam program Indonesia Urban Water Sanitation and Hygiene “Penyehatan Lingkungan Untuk Semua” (IUWASH PLUS) dengan menjadikan Kota Surakarta sebagai pilot project. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kerjasama antara Pemerintah Indonesia dengan USAID berjalan dalam memaksimalkan program IUWASH PLUS. Kerjasama tersebut dianalisa merujuk pada konsep yang dikemukakan oleh Robert Gilphin mengenai bantuan luar negeri. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam kurun waktu 2012-2017 USAID melalui program IUWASH PLUS di Kota Surakarta telah memberikan bantuan secara teknis maupun dana hibah untuk perbaikan sanitasi dan juga perilaku hidup bersih di lingungan masyarakat.
Kata Kunci : United States Agency for International Development, Indonesia Urban Water Sanitation and Hygiene “Penyehatan Lingkungan Untuk Semua”, Kota Surakarta.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Eko Yuli
Date Deposited: 24 Jun 2019 03:08
Last Modified: 14 Aug 2023 01:02
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/19920

Actions (login required)

View Item View Item