ANALISIS NILAI TAMBAH DAN BREAK EVEN POINT MULTIPRODUK PADA PRODUK CRÈME FRAICHE, BUTTER, DAN GHEE DI CV MAZARAAT INDONESIA KECAMATAN KRATON KOTA YOGYAKARTA

MEGUMI, ARSANTI HANIFA (2019) ANALISIS NILAI TAMBAH DAN BREAK EVEN POINT MULTIPRODUK PADA PRODUK CRÈME FRAICHE, BUTTER, DAN GHEE DI CV MAZARAAT INDONESIA KECAMATAN KRATON KOTA YOGYAKARTA. Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Arsanti Hanifa Megumi_135150033_Abstrak.pdf

Download (90kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Arsanti Hanifa Megumi_135150033_Cover.pdf

Download (109kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Arsanti Hanifa Megumi_135150033_Daftar Isi.pdf

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Arsanti Hanifa Megumi_135150033_Lembar Pengesahan.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini (1) menganalisis alokasi joint cost pada produk crème fraiche, butter, dan ghee; (2) menganalisis nilai tambah susu dari produksi crème fraiche, butter, dan ghee; (3) menganalisis BEP multiproduk pada produk crème fraiche, butter, dan ghee. Metode dasar penelitian adalah metode deskriptif dengan metode pelaksanaan studi kasus dan metode pengambilan responden adalah purposive sampling. Metode pengumpulan data dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan metode joint cost, nilai tambah, dan BEP multiproduk. Dari analisis alokasi joint cost produk crème fraiche, butter, dan ghee sebagai satu rangkaian proses produksi secara berurutan didapatkan bahwa produk crème fraiche dan butter sebagai produk antara memiliki tiga macam biaya meliputi biaya produk terjual, biaya proses lain, dan biaya produk lanjut pada produk yang diteliti sedangkan produk ghee sebagai produk akhir hanya memiliki total biaya produk. Hasil analisis nilai tambah produk susu menunjukkan produksi ghee menghasilkan nilai tambah terbesar yaitu Rp29.421,88/kg/produksi, diikuti produksi butter Rp18.804,35/kg/produksi dan produksi crème fraiche Rp14.602,90/kg/produksi. Hasil analisis BEP multiproduk menunjukkan nilai sebesar Rp1.860.832,48/produksi yang lebih kecil dari penerimaan produk crème fraiche, butter, dan ghee sehingga ketiga produk layak diusahakan. Kata Kunci: Alokasi Joint Cost, Nilai Tambah, Break Even Point, Multiproduk

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Eny Suparny
Date Deposited: 24 Jun 2019 02:09
Last Modified: 24 Jun 2019 02:09
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/19912

Actions (login required)

View Item View Item