STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN KOMUNITAS MUSIK HELLHOUSE YOGYAKARTA DALAM MEMPROMOSIKAN LAGU DAN MERCHANDISE KEPADA MASYARAKAT

YUDANTO HARDIANSYAH, AHMAD (2015) STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN KOMUNITAS MUSIK HELLHOUSE YOGYAKARTA DALAM MEMPROMOSIKAN LAGU DAN MERCHANDISE KEPADA MASYARAKAT. Other thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Sebagai komunitas yang memproduksi lagu dan merchandise di Indonesia, Hellhouse menggunakan strategi komunikasi pemasaran untuk mempromosikan lagu dan merchandise kepada masyarakat. Penelitian ini berjudul Strategi Komunikasi Pemasaran Komunitas Musik Hellhouse Yogyakarta Dalam Mempromosikan Lagu dan Merchandise Kepada Masyarakat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi strategi komunikasi pemasaran Hellhouse dalam mempromosikan lagu dan merchandise kepada masyarakat. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Pengumpulan data yang dilakukan dengan observasi secara langsung ke Hellhouse, wawancara dengan general manager, divisi merchandise, dan pelanggan Hellhouse, serta menggunakan data dari Hellhouse. Validitas data dalam penelitian ini menggunakan teknik triangulasi data. Data yang telah terkumpul dianalisis secara kualitatif dan dijelaskan dalam bentuk uraian yang disusun secara detail dan sistematis. Hasil penelitian diperoleh bahwa dalam usaha mempromosikan lagu dan merchandise, Hellhouse membuat perencanaan kebijakan pemasaran dan perencanaan komunikasi pemasaran. Pelaksanaan komunikasi pemasaran dengan menggunakan konsep bauran promosi yaitu periklanan, promosi penjualan, hubungan masyarakat, penjualan personal dan penjualan langsung, serta mengevaluasi untuk keberhasilan pelaksanaan komunikasi pemasaran. Secara keseluruhan, strategi komunikasi pemasaran yang dilaksanakan Hellhouse sudah berhasil dalam mempromosikan lagu dan merchandise kepada masyarakat. Lima unsur dalam bauran promosi tersebut saling mendukung, tetapi jika ingin lebih optimal dalam mempromosikan lagu dan merchandise, Hellhouse perlu memaksimalkan kelima unsur bauran promosi dalam program yang lebih terkoordinasi. Kata kunci : pemasaran, promosi, Hellhouse, strategi, komunikasi

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Depositing User: UPT Telematika puskom
Date Deposited: 14 Sep 2016 07:10
Last Modified: 14 Sep 2016 07:10
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/199

Actions (login required)

View Item View Item