Putri, Brigita Luna Anggia (2019) POLA KOMUNIKASI ORGANISASI GARDA DEPAN PT. ASELI DAGADU DJOKDJA DALAM MEWARISKAN BUDAYA PERUSAHAAN. Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta.
Preview |
Text
1. Cover.pdf Download (222kB) | Preview |
Preview |
Text
2. Halaman Pengesahan.pdf Download (87kB) | Preview |
Preview |
Text
3. Daftar Isi.pdf Download (199kB) | Preview |
Preview |
Text
4. Abstrak - Abstract.pdf Download (348kB) | Preview |
Abstract
PT. Aseli Dagadu Djokdja merupakan perusahaan penyedia cinderamata alternatif khas Jogja yang memiliki slogan “Smart, Smile, Djokdja”. Kebudayaan khas Jogja yang direpresentasikan melalui berbagai aspek membuat PT. Aseli Dagadu Djokdja menggandeng generasi muda penggerak masa depan untuk bekerja secara paruh waktu sebagai pasukan pelayanan terdepan atau dikenal dengan istilah Garda Depan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pola komunikasi organisasi yang terbentuk pada Garda Depan dalam mewariskan budaya perusahaan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif dengan melakukan wawancara mendalam serta observasi sebagai sumber data penelitian, dan menggunakan teknik triangulasi data untuk menguji keabsahan data yang diperoleh. Program Garda Depan yang merupakan salah satu bentuk corporate social responsibility ini berdurasi 8 – 12 bulan. Siklus pergantian personil ini membuat perusahaan menerapkan kurikulum pelatihan bagi calon Garda Depan agar mampu mewariskan beragam budaya perusahaan yang ada di Dagadu. Melalui kegiatan indoor training dan magang pada tahapan rekrutmen, serta kegiatan rutin 4an, sharing bulanan dan internalan, terjadi upaya pewarisan budaya dari perusahaan kepada Garda Depan. Melalui teori informasi organisasi, peneliti menemukan bahwa pola komunikasi yang terjadi adalah dua arah dengan menerapkan arus pesan ke atas, ke bawah, dan arus pesan horizontal. Akan tetapi, dalam penerapannya terjadi hambatan berupa perbedaan bahasa, sikap senioritas serta singkatnya jangka waktu magang. Namun hal tersebut tidak mengurangi proses pengembangan hubungan pada Garda Depan yang awalnya tidak saling mengenal hingga mencapai sifat kekeluargaan dengan seluruh bagian perusahaan.
Kata kunci: Pola Komunikasi Organisasi, Budaya Perusahaan, Garda Depan, PT. Aseli Dagadu Djokdja
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences |
Depositing User: | Eko Yuli |
Date Deposited: | 21 Jun 2019 03:14 |
Last Modified: | 25 Jul 2023 07:48 |
URI: | http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/19895 |
Actions (login required)
View Item |