ANALISIS REAKSI PASAR MODAL INDONESIA TERHADAP PERUBAHAN FEDERAL FUND RATE (Event Study Pada Saham Yang Tergabung Dalam Indeks KOMPAS100)

PRABANINGTYAS, NINDHITA (2019) ANALISIS REAKSI PASAR MODAL INDONESIA TERHADAP PERUBAHAN FEDERAL FUND RATE (Event Study Pada Saham Yang Tergabung Dalam Indeks KOMPAS100). Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
cover.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (202kB) | Preview
[img]
Preview
Text
hal pengesahan.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (291kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis reaksi pasar modal Indonesia terhadap perubahan Federal Fund Rate yang terjadi pada tanggal 27 September 2018 yang ditunjukkan dengan adanya abnormal return yang signifikan diseputaran tanggal, perbedaan abnormal return yang signifikan sebelum dan sesudah perubahan Federal Fund Rate dan kecepatan pasar modal Indonesia dalam mereaksi informasi dalam bentuk pasar semi-kuat. Populasi penelitian ini adalah saham perusahaan yang tergabung dalam Indeks KOMPAS100 selama periode Agustus 2018. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling dan diperoleh sampel sebanyak 99 perusahaan. Penelitian ini merupakan penelitian event study. Data yang digunkan merupakan data primer yang diperoleh dari www.idx.co.id dan www.finance.yahoo.co.id. Teknik analisis data menggunakan uji one-sample t-test dan uji paired t-test. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat abnormal return yang signifikan diseputaran tanggal perubahan Federal Fund Rate yakni pada t-5, t-3, t+1, t-3 dan t-5. Dari hasil uji paired t-test diperoleh hasil bahwa terdapat perbedaan abnormal return yang signifikan sebelum dan sesudah perubahan Federal Fund Rate ditunjukkan dengan signifikansi sebesar 0.001. Dilihat dari abnormal return pada event window menunjukkan pasar bereaksi lambat dan berkepanjangan dalam merespon informasi. Kata Kunci : Federal Fund Rate, Abnormal Return, Reaksi Pasar Modal

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Management
Depositing User: Sarimin Sarimin
Date Deposited: 21 Jun 2019 02:40
Last Modified: 21 Jun 2019 02:40
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/19884

Actions (login required)

View Item View Item