PENERAPAN PRINSIP-PRINSIP KEMITRAAN PENANGKARAN BENIH PADI (Studi Kasus Kemitraan antara Unit Produksi Benih PT. Pertani Persero Surakarta dengan Kelompok Tani Sido Luhur Sragen)

SALMA, ATIKA AYU (2019) PENERAPAN PRINSIP-PRINSIP KEMITRAAN PENANGKARAN BENIH PADI (Studi Kasus Kemitraan antara Unit Produksi Benih PT. Pertani Persero Surakarta dengan Kelompok Tani Sido Luhur Sragen). Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (295kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (183kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (507kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (286kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji proses, penentuan pola, dan penerapan prinsip-prinsip kemitraan dalam kegiatan kemitraan penangkaran benih padi yang dilakukan antara Unit Produksi Benih (UPB) PT. Pertani (Persero) Surakarta dengan Kelompok Tani Sido Luhur, Sragen. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode pelaksanaan yaitu studi kasus. Teknik pengambilan informan dilakukan dengan Purposive Sampling yaitu Kepala Cabang PT. Pertani (Persero) Surakarta, Kepala UPB, Petugas Penyuluh Lapangan UPB, Ketua Kelompok Tani Sido Luhur, dan petugas roguing. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi, sedangkan untuk teknik analisis data menggunakan deskriptif kualitatif dan keabsahan data yang diperoleh akan diuji dengan triangulasi teknik pengumpulan data. Hasil penelitian ini memberikan kesimpulan bahwa (1) Proses kemitraan dilakukan mulai dari perjanjian kerjasama hingga penyetoran hasil panen ke perusahaan (2) Pola kemitraan yang terbentuk adalah sub kontrak (3) Prinsip kemitraan yang terpenuhi adalah prinsip berorientasi pada hasil, tanggungjawab, dan prinsip saling melengkapi. Kata kunci: Pola, Prinsip Kemitraan, Penangkaran Benih Padi

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Sarimin Sarimin
Date Deposited: 21 Jun 2019 01:48
Last Modified: 21 Jun 2019 01:48
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/19878

Actions (login required)

View Item View Item