PENERAPAN ALGORITMA PARTICLE SWARM OPTIMIZATION UNTUK DYNAMIC TRAVELLING SALESMAN PROBLEM (DTSP) PADA KASUS PENGIRIMAN BARANG BERBASIS ANDROID

Wirawan, Prabowo Bayu (2019) PENERAPAN ALGORITMA PARTICLE SWARM OPTIMIZATION UNTUK DYNAMIC TRAVELLING SALESMAN PROBLEM (DTSP) PADA KASUS PENGIRIMAN BARANG BERBASIS ANDROID. Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta.

[thumbnail of ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (25kB) | Preview
[thumbnail of COVER.pdf]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (157kB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (204kB) | Preview
[thumbnail of pngesahan pembimbing.pdf]
Preview
Text
pngesahan pembimbing.pdf

Download (783kB) | Preview
[thumbnail of daftar pustaka.pdf] Text
daftar pustaka.pdf

Download (117kB)

Abstract

Pengiriman barang merupakan kegiatan mengirimkan barang yang sebelumnya telah dipesan oleh customer dengan menggunakan transportasi yang sesuai sehingga dapat meminimalisir biaya pengiriman dan ketepatan waktu pengiriman barang. Pengiriman dilakukan berdasarkan alamat-alamat tujuan customer. Dalam pengiriman barang membutuhkan penentuan rute atau jalur terbaik sebagai upaya pelayanan konsumen. Setiap harinya titik tujuan yang akan dikunjungi tidak tidak tetap sehingga dapat terjadi penambahan ataupun pengurangan titik tujuan. Pembangunan perangkat lunak untuk pencarian rute menggunakan algoritma Particle Swarm Optimization (PSO) untuk masalah Dynamic Travelling Salesman Problem (DTSP). Algoritma tersebut kerap digunakan dalam penyelesaian masalah karena kesederhanaan dan kemudahan penggunaan dalam mengaplikasikan berbagai masalah dan memberikan nilai yang optimal. Dengan pengujian paramater pada algoritma PSO, untuk menguji apakah algoritma PSO baik atau tidaknya untuk mencari rute optimal. Dengan pengujian tersebut, ditemukan parameter yang menghasilkan jarak tempuh yang optimal.
Hasil dari penelitian yaitu mampu memberikan kemudahan dalam menentukan rute dan penyelesaian masalah DTSP dengan mengunkan algoritma PSO. Semakin besar jumlah iterasi maka semakin besar kemungkinan untuk mendapatkan hasil yang optimal. Untuk kecepatan dan jumlam partikel tidak berdapak banyak terhadap optimasi Kata Kunci: Optimasi, Particle Swarm Optimization, Dynamic Travelling Salesman Problem.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Optimasi, Particle Swarm Optimization, Dynamic Travelling Salesman Problem.
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Eko Yuli
Date Deposited: 14 Jun 2019 04:08
Last Modified: 24 Jan 2024 08:04
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/19846

Actions (login required)

View Item View Item