PENGARUH LIKUIDITAS, SOLVABILITAS DAN PROFITABILITAS TERHADAP HARGA SAHAM DENGAN NILAI PERUSAHAAN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi Pada Perusahaan Jasa Sektor Infrastruktur, Utilitas dan Transportasi yang Tercatat Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2011-2017)

PERMATASARI, NOVITA (2019) PENGARUH LIKUIDITAS, SOLVABILITAS DAN PROFITABILITAS TERHADAP HARGA SAHAM DENGAN NILAI PERUSAHAAN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi Pada Perusahaan Jasa Sektor Infrastruktur, Utilitas dan Transportasi yang Tercatat Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2011-2017). Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta.

[thumbnail of ABSTRAKSI.pdf]
Preview
Text
ABSTRAKSI.pdf

Download (78kB) | Preview
[thumbnail of COVER JUDUL SKRIPSI.pdf]
Preview
Text
COVER JUDUL SKRIPSI.pdf

Download (126kB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR ISI SKRIPSI.pdf]
Preview
Text
DAFTAR ISI SKRIPSI.pdf

Download (62kB) | Preview
[thumbnail of PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
PENGESAHAN.pdf

Download (390kB) | Preview
[thumbnail of SKRIPSI-FULL.pdf] Text
SKRIPSI-FULL.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh Likuiditas dari Current Ratio (CR), Solvabilitas dari Debt to Equity Ratio (DER) dan Profitabilitas dari Return On Investment (ROI) terhadap Harga Saham dengan Nilai Perusahaan dari Price Book Value (PBV) sebagai variabel intervening. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini merupakan perusahaan jasa sektor infrastruktur, utilitas dan transportasi yang tercatat di Bursa Efek Indonesia. Sampel penelitian yaitu perusahaan jasa sektor infrastruktur, utilitas dan transportasi yang tercatat di Bursa Efek Indonesia tahun 2011-2017. Pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan purposive sampling yang kemudian diperoleh sampel sebanyak 10 perusahaan sektor infrastruktur, utilitas dan transportasi. Data penelitian menggunakan data sekunder yaitu berupa laporan keuangan tahunan perusahaan selama tahun 2011-2017 yang diperoleh dari Indonesia Stock Exchange (IDX) dan web resmi perusahaan. Metode analisis yang digunakan adalah analisis jalur (path analysis) dengan menggunakan PLS program aplikasi SmartPLS 3.2.8.
Hasil penelitian ini menunjukkan pengaruh langsung secara parsial Likuiditas dan Profitabilitas tidak berpengaruh signifikan terhadap Harga Saham sedangkan Solvabilitas dan Nilai Perusahaan berpengaruh signifikan terhadap Harga Saham. Likuiditas tidak berpengaruh signifikan terhadap Nilai Perusahaan namun Solvabilitas dan Profitabilitas berpengaruh signifikan terhadap Nilai Perusahaan. Kemudian untuk pengaruh tidak langsung menunjukkan secara parsial Likuiditas tidak berpengaruh signifikan terhadap Harga Saham melalui Nilai Perusahaan. Sedangkan Profitabilitas dan Solvabilitas berpengaruh signifikan terhadap Harga Saham melalui Nilai Perusahaan.
Kata Kunci : Likuiditas, Solvabilitas, Profitabilitas, Nilai Perusahaan, Current Ratio (CR), Debt to Equity Ratio (DER), Return On Investment (ROI), Price Book Value (PBV) dan Harga Saham.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Eko Yuli
Date Deposited: 14 Jun 2019 03:55
Last Modified: 17 Mar 2023 06:09
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/19841

Actions (login required)

View Item View Item